Berapa Jam di Media Sosial?

Sebetulnya berapa jam waktu yang kita habiskan di media sosial, seperti facebook, twitter, dan sejenisnya? Saya merasa kebanyakan waktu saya terbuang ke sana. Apabila waktu tersebut kita gunakan untuk membaca buku, sudah berapa buku yang kita tamatkan?

Saya tidak mengatakan bahwa waktu yang kita gunakan di media sosial hilang dengan percuma. Eh, mungkin sebaiknya memang dikatakan ya? hi hi hi. Produktifitas kita turun gara-gara media sosial. Apalagi sekarang dengan adanya pemilihan presiden.

Eh, apakah ada aplikasi (mungkin plugin di browser) yang dapat mengukur waktu yang kita habiskan untuk situs-situs tertentu? Mungkin menarik untuk mendapatkan statistiknya ya.

Iklan

14 pemikiran pada “Berapa Jam di Media Sosial?

  1. Banyak kayaknya, Pak. Terutama belakangan. Media sosial adalah sarana yang enak buat ngobrol politik, ide, dll. Rasanya bisa gila kalau nggak menceritakan itu ke teman, nggak diskusi, dan hidup sehari-hari cuma bangun-berangkat kerja-pulang. Idealnya sih ngopi & ketemu sama teman-teman, tapi waktu untuk bertatap muka terbatas.

  2. Menurut saya bukan waktunya yang perlu diukur, tapi sesuai post pak Budi di Facebook beberapa waktu lalu, kualitas post atau waktu yang dihabiskan dalam media sosial itu yang penting.

    Seperti juga kita tidak bisa menghakimi orang tua yang berkegiatan pada tahun 1970-1980an, berapa banyak waktu yang mereka habiskan untuk menulis surat pada sahabat-sahabat pena, atau waktu yang dihabiskan untuk berkumpul bersama teman-teman hanya untuk mengobrol. Apakah produktif? Pertanyaan tersebut jawabannya bukan waktu tapi konten dan konteksnya.

    Jadi setiap zaman medianya bisa berbeda. Telegram, surat, semaphore, time capsule, internet, buku, dll. Mereka semua hanyalah media perantara komunikasi.

    Pertanyaannya, apa komunikasi yang selalu kita sampaikan?

    Bukannya saya juga selalu mengkomunikasikan yang berguna, tapi ini sekedar pikiran saya.
    CMIIW

  3. Akibat kemajuan teknologi yang pesat kini orang mampu menciptakan dunia maya, selanjutnya kita tunggu dunia apalagi yang akan tercipta oleh otak manusia.

    Salam setengahx2 Jari 🙂

  4. media sosial memang sudah melekat di kehidupan sekarang ini ya hehe jadi susah untuk lepas dari semua itu 🙂

  5. kenapa disebut media sosial? Karena itulah media baru kita untuk bersosial sebagai makhluk sosial.. Jelas akan membuat kita lupa waktu karena insting kita adalah untuk bersosial.. #sotoybangetgue hahaha..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s