Internet Cepat Untuk Pendidikan

Tadi pagi saya memberikan presentasi tentang pemanfaatan teknologi informasi. Salah satu poin yang saya sampaikan adalah infrastruktur internet di Indonesia masih belum cepat dan belum merata. Pada acara tanya jawab ada yang bertanya, kalau internet cepat untuk pendidikan itu contohnya apa.

Salah satu situs favorit saya adalah TED.com. Situs ini berisi kumpulan video dari orang-orang yang kompeten di bidangnya dari seluruh dunia. Bidang-bidang yang ditampilkan di TED sangat bervariasi. Saya sendiri sering melihat di bagian pendidikan, desain, kepemimpinan (leadership), dan … banyak lagi. Karena situs ini berisi video, maka internet yang digunakan harus cukup cepat meskipun tidak harus super cepat. Saya sering kesulitan untuk mengakses situs ini dari layanan internet yang saya gunakan. Apalagi kalau saya akses dari handphone. hi hi hi. Sering saya akses TED dari kampus. Sayangnya di kampus ada quota jumlah data yang dapat didownload dalam satuan waktu. Kalau ini terlewati, biasanya ada surat cinta dari admin yang mengatakan bahwa saya mendownload terlalu banyak. hi hi hi.

TED.com ini hanya salah satu contoh situs yang terkait dengan pendidikan yang membutuhkan internet cepat. Oh ya, bahkan YouTube pun memiliki banyak video yang terkait dengan pendidikan. Sering saya diberikan (ditunjukkan) URL yang berisi tentang topik-topik tertentu. Misalnya ketika menjelaskan tentang sorting algorithms, ada video yang membandingkan berbagai jenis algoritma untuk mengurutkan data ini. Dengan melihat tampilan secara visual kita dapat memahami konsep yang dijelaskan dengan lebih baik.

Saya juga mulai mengumpulkan video kuliah yang saya buat sendiri. Beberapa tahun yang lalu sempat dibuatkan video kuliah security saya untuk kuliah jarak jauh. Seingat saya videonya adalah 8 DVD. Satu pertemuan menghasilkan 1 DVD. Nah kalau ini didownload dengan menggunakan internet yang lambat mungkin baru selesai harian. Padahal ini baru satu topik saja. Kalau kita mengambil beberapa mata kuliah, dapat dibayangkan kebutuhan internet kita.

Jadi internet yang cepat itu sebuah kebutuhan bagi pendidikan. Sama pentingnya dengan listrik. Mungkin seperti tidak nyambung ya, tetapi tanpa listrik sekarang sulit untuk menjalankan pendidikan. Silahkan coba kuliah tanpa menggunakan listrik 🙂

Nah, situs-situs pendidikan apa (yang membutuhkan internet cepat) yang biasanya Anda kunjungi?

Iklan

22 pemikiran pada “Internet Cepat Untuk Pendidikan

  1. Assalamualaikum Pak Budi, setuju dengan Pak Budi bahwa infrastruktur internet di negara kita harus memadai dan menjangkau semua pelosok untuk memudahkan proses pendidikan.

    Saya pribadi sangat senang berkunjung ke http://ocw.mit.edu karena disana banyak sekali open courseware yang saya dapat pelajari. Dan memang di OCW MIT tersebut seringkali ada course yang disajikan dalam video dan tentunya jika internetnya kurang memadai jadi tidak nyaman untuk mempelajarinya karena harus diunduh terlebih dahulu.

  2. benar sekali pak, bahwa internet merupakan kebutuhan bagi era sekarang ini dan menurut saya internet diibaratkan sebagai nasi yang merupakan kebutuhan pokok. dimana ketika kita tidak makan nasi maka kita akan merasa lapar dan bisa membuat sakit organ yang lainnya. penting akses internet cepat.

  3. Kebutuhan internet yang cepat memang sudah mendesak dan apabila hal ini sudah dipenuhi bagaimana pemanfaatannya sendiri ? memang ada org2 yg punya tujuan dan maksud baik misalnya untuk mempelajari suatu bidang tertentu tetapi harus diingat juga bahwa internet kalau dipergunakan dan berada di tangan orang yang salah misalnya anak2 di bawah umur yang mengakses situs xxx dll, hal ini akan mendatangkan pengaruh buruk. Internet bagi saya seperti pedang bermata dua.

  4. Kalo mau cepat tinggal bayar saja, telkomsel paket premium sinyal cukup merata tapi sedikit mahal, kuota tidak banyak.

  5. Saya kira berdasarkan pengalaman di kampus-kampus, jika internet cepat 90% bandwidth dipakai buat download streaming/film yg rata2 bajakan.

  6. Saya pernah mampir ke alison.com, tapi tema-temanya ga menarik. coursera.org pny tema-tema yang lebih menarik.
    Di coursera, saya pernah ikut Fundamentals of Online Education: Planning and Application dari Georgia Institute of Technology dan Nutrition, Health, and Lifestyle: Issues and Insights dari Vanderbilt University.
    oh ya, utk mengatasi internet lelet, saya simpan dulu semua bahan kursus dr awal sampai akhir. cuma pas ngirim tugas2, haleuh…
    Kalau lagi lelet, lalet lebih menarik daripada internet. *seka mulut, kebanyakan bengong sambil ngemil es krim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s