Tag

,

Bagi saya, kemenangan itu sudah terjadi ketika saya mencoblos di pilpres kali ini. Saat itu juga. Yang saya maksud dengan kemenangan ini adalah kemenangan diri. Saya berubah dari tidak peduli menjadi peduli. Yang tadinya golput, sekarang memilih. Ada banyak alasannya, tetapi nampaknya semuanya bermuara kepada ketulusan hati dari para orang-orang. Bagi saya ini sebuah kemenangan.

Lepas memilih itu, sesungguhnya saya tidak terlalu mempermasalahkan capres mana yang akhirnya menang dan terpilih jadi presiden Republik Indonesia. Saya punya kecenderungan, tentunya, tetapi bagi saya masalah yang menang ini atau itu adalah ujian lain. Itu adalah ujian kejujuran sistem dan ditegakkannya keilmuan (sains). Itu tidak lagi bergantung kepada saya.

Jadi inget mas Sobur lagi yang mengatakan “bagi BR, semuanya adalah perayaan”. Ah, so true … hi hi hi