10000 foto

Baru saja saya memasang foto saya di beberapa media sosial. Ada beberapa sistem yang memberikan informasi mengenai jumlah foto yang sudah saya pasang. Di salah satu media, saya baru memasang sekitar 700-an foto. Sementara di tempat lain dugaan saya mungkin sudah ada lebih sedikit dari 1000 foto.

Salah satu pakem yang saya anut adalah untuk menjadi seorang pakar (expert) di sebuah bidang, maka dia harus berlatih selama setidaknya 10 tahun. Atau kalau coba cocok-cocokkan, ini setara dengan 10000 kali berlatih. Jadi, untuk menjadi jagoan memotret setidaknya saya harus pernah memotret 10 ribu kali. Nah lho.

Sebetulnya jika saya lihat counter (penomoran) nama berkas di kamera saya, sekarang dia sudah menunjukkan lebih dari 5000. Artinya, saya sudah menjepret lebih dari 5000 kali. Namun dari 5000 jepretan itu (atau malah lebih), hanya 1000 yang saya pasang. Artinya foto yang bagus itu hanya kurang dari 1/5-nya. Untuk satu foto yang bagus dibutuhkan setidaknya 5 jepretan. Wah, nampaknya saya masih perlu belajar lagi sehingga semua jepretan menghasilkan foto yang bagus.

Untungnya dengan teknologi yang ada saat ini, satu jepretan hanya satu berkas di memori. Tidak suka? Tinggal hapus. Tidak ada biaya. Kalau dulu, sekali jepret hasil direkam dalam film dan tidak dapat dihapuskan demikian saja. Setiap jepretan ada biayanya. Maka dari itu fotografer-fotografer jaman dahulu tidak sembarang jepret. Semuanya harus dipikir masak-masak. Maka dari itu hasilnya lebih bagus-bagus. Mungkin🙂

Nah, sekarang saya akan lebih banyak memotret dan lebih hati-hati dalam memotret. Target: 10000 foto bagus!

IMG_5475 tous les jours 1000

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

14 responses to “10000 foto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: