Koleksi Karya Ilmiah Mahasiswa

Setelah mahasiswa bimbingan lulus, saya meminta versi digital dari tugas akhir / thesis / disertasi – karya ilmiah – dari mahasiswa tersebut. Tujuannya adalah agar penelitian dari mahasiswa tersebut dapat diteruskan oleh mahasiswa selanjutnya. Mahasiswa penerus ini perlu membaca karya ilmiah dari mahasiswa yang sudah lulus tersebut.

Karya ilmiah tersebut – biasanya dalam format PDF – saya simpan secara pribadi di komputer saya. Ada juga sebagian yang saya simpan dalam akun Dropbox saya. Sayangnya akun dropbox saya hampir penuh. Saya juga menyimpan dalam web site pribadi saya.

Nah, saya kira ada banyak dosen-dosen lain yang melakukan hal yang sama (mengumpulkan karya mahasiswa bimbingannya). Kalau ini dilakukan secara masing-masing (ad hoc) menjadi tidak efisien. Nampaknya ada kebutuhan layanan penyimpanan dokumen ini secara besar-besaran. Sebuah database karya ilmiah mahasiswa Indonesia.

Ada dampak negatifnya, yaitu akan memudahkan plagiat. Orang yang jahat akan dapat melakukan copy-and-paste karya ilmiah tersebut. Untuk itu harus dibuatkan tools untuk menguji apakah karya ilmiah mahasiswa baru ini sudah ada atau mirip dengan karya-karya yang ada di dalam database ini. (Ini membutuhkan software baru. Ayo para pengembang software, silahkan buat ini.)

Berkas juga mungkin dapat dibuat dalam format image (djvu) sehingga tidak terlalu mudah untuk di-copy-and-paste. Atau ini kekhawatiran yang berlebihan?

Apakah ini dapat menjadi potensi sebuah start-up baru? Nah, silahkan.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

8 responses to “Koleksi Karya Ilmiah Mahasiswa

  • Sony AK

    Menarik pak, tantangan utama setelah mengumpulkan adalah membuat document management nya untuk mempermudah pencarian dan kategorisasi. Mengenai deteksi plagiarisme saya kira ini bisa dicapai dengan cara otomatis (memanfaatkan teknlogi) atau bisa juga model kurasi (memanusiakan manusia).

  • si uman

    kalau menurut hemat saya pak, justru kalau kita tidak menggunakan gambar (menggunakan tulisan yang bisa di-crawl), akan semakin menarik. mulai dari kategorisasi karya ilmiah otomatis, indexing, cek plagiarisme otomatis, sampai kita bisa mining dari karya-karya ilmiah tersebut. sangat menarik, nanti mungkin saya coba buat, setelah tesis beres, ha ha ha😀

  • cara mengobati rematik

    koleksi sangat menarik sekali mas

  • Rizqi Fahma

    Ayo, software developers, buat dan kembangkan aplikasinya! Biar pendidikan kita makin maju.🙂

  • Alias

    Wah, bukannya kalau sudah dalam satu sumber jadi lebih mudah untuk mendeteksi plagiarismenya, Pak? Kan sudah tersedia korpusnya dengan begitu?

  • rousyan

    Apakah tools yang yang dimaksud semacam http://turnitin.com/ Pak?

  • I Putu Hariyadi

    kebetulan saat ini saya sedang menyelesaikan thesis ttg mendeteksi kemiripan tugas akhir dan sistemnya semoga bisa menyerupai tunitin.com. pas bgt dengan ide pak budi🙂

  • Cik Misstree

    Universiti-universiti awam di Malaysia telah membangunkan software untuk mengumpulkan tesis-tesis pelajar pada peringkat Masters dan PhD khususnya di Malaysia yang boleh dirujuk melalui atas talian (online); ada tesis yang boleh dirujuk sepenuhnya dari muka surat pertama sehingga muka surat terakhir dan ada tesis yang hanya boleh dirujuk bahagian abstraknya sahaja. Rujukan atas talian ini juga menjadi rujukan silang di antara para pelajar universiti-universiti di Malaysia.

    Selain itu, Universiti Kebangsaan Malaysia sebagai contoh telah membangunkan software yang memainkan peranan untuk menapis tesis para pelajar (Masters & PhD) sebelum peperiksaan viva dijalankan sebagai langkah untuk memastikan tesis yang dihasilkan oleh para pelajar adalah asli dan tidak mengandungi unsur plagiat.

    Software seumpama ini juga dibangunkan untuk menapis penulisan/karya para pensyarah (dalam bahasa Indonesia, pensyarah bermaksud dosen) untuk memastikan keasliaan sesebuah penyelidikan, penulisan, karya yang dihasilkan oleh para pensyarah tidak mengandungi unsur plagiat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: