Kemudahan dan Keamanan Mengemudi Kendaraan (dari Ford)

Ini masih sambungan cerita saya tentang perjalanan saya melihat Ford (Innovation for the Millions) di Melbourne.

Kemudahan mengemudikan kendaraan merupakan salah satu fitur yang dilirik oleh Ford. Memarkir kendaraan secara paralel atau tegak lurus (mundur) merupakan fitur yang banyak diminta oleh pengemudi. Saya sendiri sih tidak terlalu masalah dengan fitur ini, tetapi ini adalah sesuatu yang cukup sulit untuk diajarkan. Membutuhkan banyak jam terbang.

Ford mengembangkan fitur untuk parkir secara otomatis. Jadi, kita tinggal menghentikan kendaraan di dekat tempat yang ingin kita parkirkan. Kemudian kita tekan tombol tertentu, maka komputer mobil akan mengambil alih kemudi (setir) kita. Dia akan memberi instruksi untuk memasukkan gigi maju (D) atau mundur (R) [ini yang menggunakan transmisi otomatis]. Saya coba fitur parkir mundurnya. Dan memang dia memarkirkan mobil dengan baik.

Faktor keamanan (safety) juga merupakan faktor yang sangat penting. Ada fitur “cross traffic alert” di mobil Ford. Ketika kita memundurkan kendaraan dari tempat parkir, seringkali pandangan kita terhalang oleh mobil di samping (kiri atau kanan). Mobil yang datang tidak terlihat. Biasanya kita memundurkan mobil pelan-pelan sampai kelihatan jalan dari kiri dan kanan. Nah fitur alert yang ada ini akan membunyikan suara dan kedipan lampu di kaca spion untuk menunjukkan bahwa ada kendaraan datang (dari samping kiri atau kanan). Sangat membantu.

20140819_SDP_9116 Melb

[foto dokumentasi Ford dari para drivers setelah beres menguji. kiri ke kanan: unknown driver from Ford, James Luhulima (Kompas), Lea Indra (Ford), Me, Aris Harvenda (Kompas), Indra Prabowo (dapurpacu.com)]

Sebetulnya fitur-fitur ini bukan monopoli Ford, karena di mobil mewah lain sudah ada. Yang menariknya adalah fitur ini tersedia untuk mobil biasa seperti yang kita-kita punyai. Jadi teknologi ini memang untuk orang banyak. Cocok sekali dengan judul dari konferensi yang saya hadiri ini; innovation for the millions. Pas.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

9 responses to “Kemudahan dan Keamanan Mengemudi Kendaraan (dari Ford)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: