Inikah Cita-citamu? Menjadi PNS?

IMG_6173

[tanda ini saya potret tadi pagi di kampus ITB]

Belum pernah saya mendengar anak kecil yang bercita-cita menjadi PNS ketika dia masih kecil. Dalam perjalanan hidupnya, menjadi semakin tua, ada banyak yang kemudian bercita-cita menjadi PNS. Sesungguhnya, kebanyakan ini adalah cita-cita orang tuanya.

Apa yang dicari dari menjadi PNS? Pensiun. Ah, realitasnya dana pensiun tidak cukup untuk sekadar bisa hidup di hari tua. Sudah banyak cerita PNS yang hidupnya terlunta-lunta. Pensiun tidak seperti dulu lagi. Saya tidak menyalahkan untuk menjadi PNS. Yang saya salahkan adalah alasannya. Maka dari itu, apakah ini cita-citamu?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

34 responses to “Inikah Cita-citamu? Menjadi PNS?

  • Made Raka

    Setuju banget pak budi, kebanyakan yang mau jadi pns, alasannya karena pengen hidup terjamin (katanya), atau karena pns (katanya) kerjanya santai.

  • Nunu

    Cita2 saya jadi guru alhamdulillah jadi guru online tanpa bangku dan gedung megah :p

  • kharis

    Pensiun??? Jauh bener mikirnya. PNS itu lebih dari sekedar titipan cita-cita tetangga dan sanak saudara. Banyak anak muda yang potensi di atas rata-rata sibuk antri dan melengkapi administrasi. Nanti akan berserah pada nasib.

    Biasanya orang yang menyarankan PNS, adalah orang gagal di masa mudanya. Atau orang yang tak pernah sekolah dengan benar. Pasti berkata seperti ini : “enak jadi PNS, terjamin di hari TUA”

    Selamat Berjuang Teman-Teman CPNS. Niatkan kontribusimu, pada bangsa dan negara. Jadilah PNS terbaik

  • adhityadit

    Memang sebenarnya apa lagi yang dicari selain tentunya materi dengan menjadi PNS ? menurut saya asalkan bisa memberikan kontribusi yang positif dan menjadi bagian dari suatu solusi untuk menyelesaikan masalah atau paling tidak bisa memberikan kebahagiaan untuk orang lain dengan menjadi PNS mungkin juga tidak ada salahnya. Banyak juga orang yang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan kuliahnya atau bisa dibilang “salah jurusan”, semua orang juga pasti ingin punya kehidupan terjamin terutama dari hal ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang serba mahal dan yang pasti akan semakin naik. Jadi mungkin solusi jangka pendek yang ada supaya dapurnya tetap ngebul adalah dengan menjadi PNS.

  • cara mengobati flu tulang

    menjadi pns sangat sulit butuh perjuangan yang keras

  • Aldi Rahman Untoro

    cita-cita saya ingin menjadi pengusaha yang sukses, tapi ibu saya juga ingin saya jadi pns

  • Osmond

    Cita-cita saya ingin jadi technopreneur pak🙂 sekaligus jadi professor..

  • produk herbal

    bener banget sejak mereka kecil tidak ada yang bercita cita menjadi pns

  • ryankapdbsda

    kalau saya sih jadi Auditor trus Partner di The big 4

  • jendelaopini

    Jika jalan hidup digariskan jadi PNS maka kita harus bersukur dg nikmat tersebut pak, tapi bukan dengan jalan menyuap, karena apapun profesi jika tidak ditekuni dan disyukuri maka itulah bentuk kufur nikmat.

  • Jual Jersey Bola Grade Ori

    betul banget… tapi banyak yang melihat bahwa menjadi PNS itu di jamin hidup sejahtera..

  • Berita Terbaru MotoGP

    ya ampun, orang bodoh saja yang mau jadi PNS

  • C. Masagi

    Itu yang di atas (Berita terbaru MotoGP) ngomong “ya ampun, orang bodoh saja yang mau jadi PNS”.. ketahui saja… ente lahir yang bikin akta kelahiran itu PNS…. masuk sekolah ditanya akta yag dibikin PNS…

    ente sekolah yang mengajar itu PNS (meski sekolahnya swasta)… ente perlu KTP buat kawin… yang bikinkan KTP itu PNS…. bikin KK kalo dah bekereluarga yang bikin PNS…

    Ente bisa enak pake motor n mobil beli BBM bersubsidi.. Lha…. yang Survei Geologi dan bikinpeta geologi buat MiGas buat cari Migas itu PNS choy!

    ente mo bisnis bikin ijin usaha… ya ke instansi pemerintah tempat PNS…

    buseet songong banget ente!

  • www.abdul-hamid.com

    PNS itu statusnya Pak Budi, pekerjaannya: Dokter, Guru, atau Dosen. Saya bikin tulisan soal PNS http://abdul-hamid.com/2014/09/05/pns-musuh-anak-bangsa-yang-lain/

  • Arie Susanto

    ya betul, pns itu cita-cita orang tua.

  • arisudono

    saya berpendapat jika ingin jadi pns jangan terlalu nafsu, kl gak lulus yah diterima aja, soalnya kl nyuap juga gak sesuai antara gaji yang diharapkan dengan uang sogokan yang harus dibayar di muka hehehehe

  • Eddy TM

    Jadi PNS mungkin karena dijamin bahwa Negara ( sebagai employer ) tidak akan bangkrut, artinya PNS tidak akan pernah kena PHK sampe pensiun dengan tenang. Beda dgn pegawai swasta..

  • Budi Rahardjo

    Jadi PNS itu tidak salah, selama alasannya benar. Ada banyak pekerjaan yang *mengharuskan* seseorang itu menjadi PNS. (Ada aturan atau undang-undangnya.) Jadi dia itu bukan tujuan, tetapi jalan untuk mencapai cita-cita.
    Yang salah adalah jika menjadi PNS karena tidak tahu mau jadi apa. Nah itu dia yang salah.

  • akbar

    cita-cita saya aadalah jadi seorang pengusaha. bisa mandiri dan bisa membantu orang lain. dapat pahala juga. tapi jika jalan hidup kesana maka saya akan ikuti, sambil curi2 start jadi pengusaha juga😀

  • Toni

    Sekarang ini menjadi PNS sudah jadi primadona mengalahkan jadi dokter atau arsitek.
    Btw beberapa hari lalu saya berkunjung di beberapa web berita untuk baca2 berita, di sana ada beberapa orang yang lulus ujian PNS 2014 menuliskan berita kelulusannya melalui kotak komentar padahal ini tidak nyambung sama sekali dengan isi artikel di web berita tersebut. Apa ini bukan spam ya ? Sangat miris dengan ulah sebagian PNS – PNS yang baru terpilih ini😦

  • ded

    Menjadi orang yg bermanfaat bisa dmn saja. Tidak ada hubungannya PNS atau Non PNS.
    Fenomenal, banyak orang yg merendahkan PNS, tetapi lihatlah ribuan bahkan puluhan ribu orang mendaftar setiap ada lowongan menjadi PNS.
    Mungkin diantara orang yg merendahkan itu pernah tidak lulus dlm saringan menjadi PNS, sehingga mrk seperti punya dendam pribadi.
    Saya sarankan kpd para pemuda jadilah seorang enterpreneur yg pendapatannya bs tdk terbatas.

  • Togap Tartius

    Betul Pak, saya tidak pernah bercita-cita jadi PNS. Tapi malah sekarang ‘terjebak’ jadi PNS. Hahaha

    Memang tergantung jadi PNS di mana juga, karna ada instansi yang ‘basah’, ada juga yang ‘kering’. Yang ‘basah’ inilah yang diperbutkan banyak orang.

    Ini juga sudah rahasia umum, selain jaminan di masa tua, seorang PNS juga tak punya kekhawatiran seperti di swasta masalah kinerja.

  • Nandito Silaen

    dengan iming-iming kerja santai or masa depan ok?. hmm.. menarik sih untuk di bahas.

  • tri utomo

    aku ingin jadi pans guru http://goo.gl/6IPAXO

  • subhansujimat

    pastinya mahal yah ingin jadi PNS

  • iscab.saptocondro

    Tahun lalu, sempat diajak bokap untuk ikut jadi PNS. Tapi waktu itu, tawaran PhD nampak lebih menarik.
    Kini studi PhD makin tak jelas arahnya dan aku membaca kawan-kawan pada masuk wawancara dosen STEI ITB.

    Beberapa pekerjaan memang mengharuskan seseorang jadi PNS. Kalau orang ingin berkarya dan berbakti di pekerjaan tersebut, maka jadi PNS perlu diperjuangkan.

  • virmansyah

    cita-cita saya ingin mendirikan sebuah usaha yang mampu memberikan manfaat bagi orang banyak. itu cita-cita muncul setelah saya kian dewasa dalam berpikir dan bertindak. ternyata hidup menjadi orang yang bermanfaat lebih indah apalagi jika memiliki banyak uang yang setiap bulannya meningkat, maka peluang untuk membantu sesama semakin meningkat. salam. mari berjuang menggapai mimpi kita. tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha.

  • penyebab rambut rontok

    pusing masuk nya mahal gan..
    ngk perlu deh jadi yang kayak gituan

  • Rachmat Sonjaya

    bagi saya, pns itu bukan cita-cita, hanya sekedar profesi kang.
    cita-cita, visi, dream atau apapun namanya, selayaknya lekat dengan sesuatu yg lebih besar, luhur, dan agung, hehehe.

  • Wuri Wulandari

    Cita-cita saya sekarang bukan jadi PNS, dulu sempet terbesit tapi sekarang gak sama sekali😀. Saya ingin menjadi profesional di bidang saya dengan tidak di tekan aturan-aturan formalitas ala kantoran. Syukur-syukur bisa mempunyai pegawai😀

Tinggalkan Balasan

