Kekurangan SDM IT

Seperti biasa, selalu saja ada yang nanya ke saya apakah ada orang IT (yang bisa dipekerjakan di perusahaannya)? Biasanya yang bertanya ini sedang mengembangkan perusahaan baru – start up. Ternyata kebutuhan akan SDM IT masih tetap banyak. Repotnya, SDM tersebut tidak tersedia. Saya jadi bertanya-tanya, ke mana saja lulusan sekolahan IT (atau yang terkait) di Indonesia ya? Di Bandung saja ada banyak sekolah komputer.

Ada beberapa alasan mengapa sulit mencari SDM IT yang handal.

  1. Lulusan IT tersebut melanjutkan sekolahnya ke luar negeri (misal mengambil S2/S3 di luar negeri);
  2. Mereka sudah diijon oleh perusahaan besar (yang terlihat lebih memberikan jaminan finansial dan karir di bidang management);
  3. Akhirnya memilih bekerja di bidang non-IT (misal jadi pedagang, bukan warung, dll.);
  4. Lulusan IT itu ketika bersekolah hanya ingin menghabiskan waktu saja (daripada nganggur) ketimbang ingin menekuni bidang IT. Hasilnya ya mereka memang malas untuk bekerja;
  5. apa lagi ya?

Besok akan ada rombongan dari Singapura datang ke Bandung untuk mencari orang-orang IT. Dugaan saya mereka akan pulang dengan tangan hampa. Ugh.

33 Comments

  1. kalau boleh tahu SDM IT yang handal ini harus punya kriteria apa saja ? apa cukup menguasai masalah2 teknis di bidang IT ? seharusnya bandung jadi tempat yang pas buat mencari SDM IT yang handal itu selain sekolah komputer yang banyak disana juga industri kreatifnya berkembang pesat dan kalau tidak salah di bandung sana juga ada Bandung High Tech Valley yang bisa dianggap sebagai pusat dari industri semikonduktor / IT menurut saya ini memperlihatkan kalau Bandung memang punya potensi, jadi apa lagi yang kurang ?

  2. mungkin komunikasi pak, terutama bahasa. ga dipungkiri kalau beberapa rekan2 mahasiswa kita ada yang masih kurang lancar ngomong/nulis bahasa inggris. jadi komunikasi terhambat, tidak percaya diri juga.

  3. Alasan lain, dengan berkembangnya situs-situs freelancer, banyak IT professional yang menjadi freelancer saja.

    Tidak perlu tiap hari ke kantor, fleksibel, mengerjakan project-project dari rumah/cafe/pantai dan penghasilannya dollar. Jauh lebih besar dari bekerja di perusahaan.

    Tidak perlu ikut corporate meeting yang membosankan, tidak perlu stress macet tiap hari, tidak ikutan politik kantor yang bikin pusing, dan tidak perlu lihat management yang tidak kompeten tiap hari membuat kebijakan dan keputusan konyol dan tetap mendapatkan fasilitas dan bonus yang besar.

    Sekarang pertanyaannya cuman:

    Benefit bekerja di perusahaan bagi IT professional itu apa ?

  4. Sebagai pemilik start up IT saya sudah pernah di posisi yang diceritakan Pak Budi.
    Mungkin jika lebih spesifik, SDM IT yang dicari tersebut adalah yang siap pakai. Cara palinggampang cari SDM siap pakai adalah dari lulusan universitas terpercaya. Seperti tempat Pak Budi mengajar πŸ™‚
    SDM IT lulusan dari universitas lain juga banyak, tapi untuk cari yang siap kerja diantara yang banyak itu harus oke sistem HR nya.
    Saya sendiri akhirnya memilih untuk mengembangkan HR di perusahaan saya. Alhasil kini SDM IT saya yang jadi andalan adalah lulusan dari universitas swasta di Bandung yang kadang dipandang sebelah mata

  5. Karena IT itu gak mudah dan selalu berubah, kl gak berubah harus terima gajinya sebesar kuli bangunan, yg hebat sekalian ke LN.

    Plg enak tapi stress krn byk itu akuntan, tapi kl IT stresnya karena programnya masih gak bisa jalan.

  6. Mudah-mudahan nemu meskipun cuma satu ato dua orang. Asal kelihatan, kalo nggak ya tadi pasti mereka akan pulang dengan tangan hampa .. hihi ..

  7. You pay peanut, you get monkeys.

    Kalau gaji di bawah 5xUMR, jangan harap SDM IT yang mumpuni bakal daftar.

    Saya jamin.

  8. Salah satu yang umum begini pak :
    “Sekolah IT saja – gampang cari kerja, gajinya juga gede” xD
    Waktu di sma diadakan nonton bareng film three idiots sepertinya bisa membantu. #passion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s