Homogenisasi Pandangan

Akhir-akhir ini saya jadi banyak melakukan “unfollow” dan “unfriend” di Facebook. Alasannya adalah karena orang-orang yang saya unfollow tersebut banyak menuliskan sumpah serapah di statusnya. Sebetulnya saya suka melihat sudut pandang lain, tetapi jika isinya sumpah serapah jadinya saya tidak dapat melihat sudut pandang lain tersebut. Ya terpaksa tidak dilihat.

Sebetulnya saya khawatir dengan melakukan self filtering semacam ini kita menjadi memiliki pandangan yang homogen. Yang kita baca adalah pendapat-pendapat dari orang-orang yang sama semua; lebih tepatnya sama dengan pandangan kita. Kita melakukan homogenisasi pandangan. Mungkin ini hal yang kurang baik. Tapi, bagaimana lagi? Apa yang harus kita lakukan agar ini – homogenisasi pandangan – juga tidak terjadi?

Iklan

10 pemikiran pada “Homogenisasi Pandangan

  1. iya sih kadang suka sebel, kita ngeluarin pendapat, ada yang beda dengan kita ujung-ujungnya membuat kita ga nyaman dengan itu, jd saya menempuh jalur bukan unfollow dan unfriend lagi tapi blokir 😀

  2. mungkin sebelum kita melakukan hal itu, kita harus lebih memilah teman, misalnya dalam facebook dalam hall add atau confirm, agar kiranya post2 dari mereka tidak membuat kita merasa terganggu dan semacam nya.. menurut ane gitu sih gan solusinya kurang lebih.. just share gan..

  3. Homogenisasi memang riskan Pak BR. Tetapi bukan berarti perbedaan selalu bagus. Misal adil dan jahat beda. Tentu jahat harus ditolak. Sedangkan dalam adil itu ada aneka bentuk dan pendekatan ya… tidak harus homogen. Berbeda dapat kita terima dalam koridor kebaikan. Salam hangat…!

  4. kalau beda pandangan itu wajar Pak tapi kalau sumpah serapah kadang saya lihat dulu orangnya. kalau orang tersebut selalu menyumpah biasanya saya hapus, kalau orang tersebut punya pandangan-pandangan menarik, biasanya saya ikuti saja sambil berusaha sabar. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s