Peran Bahasa Indonesia

Barusan membaca secara singkat tentang penelitian terkait dengan bahasa, yaitu bahasa mana yang dominan di dunia internet ini. Tentu saja yang paling dominan adalah bahasa Inggris. Pertanyaannya adalah setelah bahasa Inggris, bahasa apa? Kalau kita ingin belajar bahasa kedua, sebaiknya bahasa apa? [Silahkan baca di sini.]

Yang sedihnya adalah ternyata Bahasa Indonesia tidak termasuk bahasa yang dianggap penting. Setidaknya untuk dunia tulis menulis. Padahal jumlah orang Indonesia yang menggunakan internet sangat besar. Dugaan saya, jumlahnya sudah lebih dari 100 juta orang. Namun memang saya dapat mengerti peran 100 juta orang ini sangat sedikit dalam hal menyebarkan ide melalui tulisan. Orang Indonesia memang jarang membuat tulisan. Eh, ada … status di facebook dan twitter. hi hi hi.

Tulisan orang Indonesia kebanyakan ada di media tertutup dalam grup-grup seperti di WhatsApp, Telegram, BBM, Line, BeeTalk dan seterusnya. Yang begini memang sering tidak masuk hitungan dalam hal komunikasi ide. Seharusnya lebih banyak yang menulis di blog, tapi …

Ya begitulah …

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

12 responses to “Peran Bahasa Indonesia

  • cara mengobati sakit punggung

    indonesia memang jauh ketingalan dalam semua hal

  • Mohammad Husein Amrullah

    Kalau ada lebih banyak blog di Indonesia, pasti keren.
    Tapi blog yang beneran nulis, bukan cuma copas sana-sini.

  • Obat Tradisional Keputihan

    Betul itu, memang aneh secara jumlah penduduk luas wilayah dan mohon maaf korupsi misalnya Indonesia memang luar biasa. Konon katanya Freeport adalah ladang emas terbesar juga didunia. Tapi yaitu kenapa ya bahasa Indonesia tidak menjadi bahasa Internasional atau paling tidak ada yang mengenal untuk bisa dipakai di dunia internasional.

    yu ah semuanya introspeksi lagi….semangat indonesia!

  • pelangsing terbaik

    sungguh di sayang kan sekali tapi sekarang mungkin sudah ada beberapa di negara lain yang belajar bahasa indonesia

  • galihsatria

    Pak Budi kan pernah sampaikan sendiri tempo hari, bahwa budaya kita bukan budaya tulis, lebih ke budaya bicara dan mendengar. Facebook dan Twitter sebenarnya kan ngobrol dalam bentuk tulisan, sedangkan blog, penulis paling tidak harus menulis beberapa kalimat.

  • Muhammad Bakri

    Itu karena kita melewati budaya baca pak. Orang kita nih miskin literasi. Saya selalu ajak mahasiswa untuk minimal membaca satu buku aja dulu, setelah coba catat dan resensi dalam bentuk tulisan minimal 300 kata. Itupun banyak yg copas. Sulit sih ajak mereka menulis, tp bisa diperjuangkan pak. Saya pikir kita butuh cara unik dan kreatif untuk mengajak orang di lingkungan kita untuk “menulis”. Saya masih cari cara, siapa tau Pak Budi punya ide.

  • Bang Andi

    Bangga Berbahasa Indonesia?… lihatlah skrg merk toko di negara kita sdh hampir inggris semua… sedih melihatnya..

  • ded

    Tetaplah menulis di blog …🙂

  • Ted Kesgar

    Apakah tautan lamannya yang di sini? http://language.media.mit.edu/visualizations/books

    Mungkin bahasa Indonesia dianggap “Malay”, karena “number of speakers”-nya ada 300 juta dan jumlah tweetnya sampai di peringkat kedua di bawah bahasa Inggris. Saya belum sempat membaca kertas aslinya, sehingga pernyataan di atas masih berupa dugaan sementara.

    Salah satu kalimat di artikel yang ditaut cukup menarik: “For English speakers, the analysis suggests it would be more advantageous to choose Spanish over Chinese—at least if they’re spreading their ideas through writing.” — mungkinkah di kurikulum berikutnya bahasa Spanyol diajarkan di Indonesia? Haha.

  • Fileswan

    Ikut nimbrung sedikit ya,pak. Orang Indonesia sendiri mungkin kurang PD dengan bahasa Indonesia karena mungkin kurang “gaul” dibanding bahasa Inggris. Untuk masalah blog2an, sebenarnya sudah banyak yang menggunakan bahasa Indonesia, tapi kelihatannya banyak yg kopi paste. Dan yang lainnya lebih suka menggunakan bahasa Inggris dalam menulis blog. Saya sendiri blognya berbahasa inggris tapi asal translate aja dari bhs Indonesia. Mungkin kita bisa belajar dari antivirus smadav, di blog saya, antivirus ini banyak yang mencari dari berbagi negara.

  • cara mengobati nyeri otot

    bahasa indonesia memang sanagat minim sekali peminatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: