Mengajari Menulis

Topik presentasi Jum’atan saya kemarin adalah tentang “Tulis Menulis”. Tepatnya mengajari orang untuk menulis. (Materi presentasi saya bereskan dahulu baru kemudian akan saya buat online.)

Sebetulnya apa susahnya mengurutkan huruf-huruf untuk membuat kata? Kan tinggal secara acak saja memilih huruf dari 26 huruf yang tersedia. he he he. (Perlu dicoba nih buat kata-kata yang random.) Setelah jadi kata, tinggal gabung-gabungkan kata tersebut sehingga menjadi kalimat. Terus kalimat-kalimat digabung untuk menjadi paragraf. Jadilah tulisan.

Yang susah itu sebetulnya adalah membuat tulisan yang enak dibaca dan pesan yang ingin disampaikan juga sampai. Nah, ini tidak mudah. Yang ini perlu ilmu dan latihan. Berharap kita langsung bisa itu seperti berharap anak kecil langsung bisa berlari. Sebelum lari, ya merangkak dululah. Habis itu jalan dan kemudian lari.

Kalau dahulu ada banyak hambatan untuk berlatih. Sekarang, ada banyak media untuk melakukan itu. Ngeblog merupakan salah satu cara untuk belajar menulis. Itulah sebabnya saya ngeblog. Untuk belajar menulis.

a i u e o …

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

8 responses to “Mengajari Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: