Lupakan Penilaian Orang

Bolak-balik cari judul yang pas untuk tulisan ini, belum nemu juga. Akhirnya saya putuskan pakai judul ini saja.

Ceritanya begini. Ada banyak orang yang terlalu ketakutan ketika mengerjakan tugas (pekerjaannya). Dia takut dinilai buruk oleh atasannya atau orang lain. Atau berharap dapat pujian. Akhirnya banyak waktu dan pikiran yang habis hanya untuk memikirkan bagaimana penilaian orang terhadap kita. Takut gagal dan seterusnya.

Saya punya pendekatan lain. Ketika mengerjakan sebuah tugas atau pekerjaan, saya kerjakan dengan komitmen penuh. Seratus persen. Saya tidak terlalu peduli tentang penilaian orang – bahkan atasan – terhadap pekerjaan saya tersebut. Yang penting bagi saya adalah pekerjaan selesai dengan kualitas yang super bagus. Analogi lain adalah kalau saya diminta untuk memimpin rombongan (tentara, anak buah) dari satu tempat ke tempat lain, maka saya fokus kepada tugas itu. Bagaimana untuk mengantarkan mereka ke tempat tersebut dengan selamat. Mengenai apa kata orang, saya tidak terlalu peduli. Dengan cara ini, saya bisa fokus kepada tugas tersebut.

Jadi jangan bekerja karena ingin dipuji atau karena ingin terlihat lebih baik dari yang lain. Bekerja itu karena kita memang harus menyelesaikan tugas kita. Kalau kita dapat menyelesaikannya dengan baik, asyiiik. Great! Kalau kita agak gagal dalam menyelesaikannya (padahal kita sudah melakukannya sebaik mungkin), ya sudah. Terimalah. Pelajaran apa yang dapat kita peroleh dari kegagalan tersebut? Lain kali harus lebih baik.

Yang lebih asyik lagi adalah kalau pekerjaan atau tugas tersebut dapat kita buat menarik sehingga kita tambah senang mengerjakannya. Bagaimana cara agar kerja menyenangkan? Nah, itu sih topik lain kali. hi hi hi.

Iklan

10 pemikiran pada “Lupakan Penilaian Orang

  1. ini ada kaitannya dengan waktu.
    masa lalu(keterpurukan/kenangan/dll)
    masa kini(nyata terjadi)
    masa depan(cita/angan/hayal/dll)
    jangan terpaut pada masa lalu yang membuatmu tidak bersemangat, jangan pula terpaut pada masa depan yang membuatmu harap-harap cemas. berpautlah pada masa kini, karena masa kinilah yang nyata. jangan sampai kehilangan masa kini. jadi lakukan yang terbaik di masa kini. maka esok dan kemarin akan cemerlang.

    mungkin gitu ya bang… hehhe bagus dah artikelnya.

  2. Tetap fokus dan lakukan saja apa yg ada,
    untuk hasil nya gmana ntar aja,yg pnting sudh berusaha dgan baik,
    sangat menginsfirasi gan!
    Sy suka membaca nya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s