Ketika kita mengembangkan sebuah usaha start-up, kita harus mendapatkan pelanggan atau pengguna (user) dari layanan atau produk kita. Akuisisi pengguna ini ada biayanya. Pengguna ini dapat dianggap sebagai salag satu aset dari start-up kita. Itulah sebabnya sebuah start-up dengan jumlah pengguna yang jutaan dapat bernilai mahal meskipun penghasilannya minim.
Nah, berapa biaya untuk akuisisi pengguna ini? Saya ambil contoh kasus usaha toko musik digital Insan Music Store kami. Dalam kasus kami, pengguna ada dua jenis; (1) artis / musisi / band yang memproduksi lagu-lagu, dan (2) pembeli lagu-lagu tersebut. Sebetulnya ada juga orang-orang yang hanya mengunjungi situs kami tetapi tidak membeli. Untuk yang ini saya tidak memasukkan dalam hitungan.
Untuk bergabung dengan Insan Music Store, artis / musisi / band tidak dipungut biaya. Hanya saja, sebelum kami dapat melakukan promosi dan jualan, kami harus menandatangani kontrak. Ada meterai yang harus dipasang; 2 x Rp. 6000,-. Kalau ditambah ongkos kertas dan tinta printer untuk mencetak kontrak tersebut, maka biaya untuk satu artis katakanlah Rp. 15000,-. Jadi biaya untuk akuisisi pengguna (cost per acquisition / CPA) kami adalah US$ 1,5.
Biaya ini terlihat kecil ya, tetapi kalau nantinya kami memiliki 10000 artis (atau lebih) maka tinggal kita kalikan saja dengan 1,5 dollar itu. Banyak juga ya?
Untuk akuisisi pembeli lagu saat ini kami belum bisa menghitungnya karena gratis. Jadi, untuk yang ini anggap saja gratis. Padahal sesungguhnya kami harus menyiapkan server untuk database dari pengguna ini. Selain itu, kami melakukan promosi yang ada pengeluaran uangnya. Dugaan saya sih biayanya pukul rata akan sama seperti biaya untuk akuisisi artis tersebut, 15 ribu rupiah juga. Jika kami memiliki satu juta anggota pembeli, maka sesungguhnya biayanya adalah … 15 milyar! Nah lho. hi hi hi
Demikian cerita tentang entrepreneurship, start-up bisnis digital. Semoga bermanfaat.
nice insight pak 🙂 so so far Insan Music Store promo nya via apa ajah pak? AdWords? Facebook? Twitter? Word-of-mouth? CFD?
wah keren banget ya…
*masih belum paham*
Tepat sekali Pak BR cara pandangnya.
Kadang biaya akuisisi tersebut lebih efektif langsung diberikan ke customernya.
Kabarnya, awal-awal pendirian, paypal memberikan $10 ke setiap orang yang mau mendaftar paypal.
Jika ingin diterapkan ke bisnis lain seperti apa ya bentuknya?
Salam….
Masih butuh penjelasan lebih detail saya ini.. Belum begitu pahan sudah di baca 2x..
kurang mengerti
Promosi kami lebih banyak dilakukan di dunia nyata (offline). Misalnya kalau ada acara dan dibutuhkan band, maka kami kirim band ke sana. Kemungkinan kami akan buat juga situs berita / news / promosi yang beda/baru
Nah, yang saya tanyakan. Apakah website komersial spt tokobagus, berniaga, tokopedia, lazada itu juga termasuk start up? Apakah kira2 mas Budi tau penghasilan mereka? 😀
coba bantu jawab bu fitrah..
sepertinya udah bukan startup lagi loh, cma memang masalah perpajaknya belum dibuat… 🙂
Startup atau bisnis digital saat ini memang tengah menjadi primadona banyak orang ya 🙂
Terima kasih atas pencerahannya seputar biaya akuisisi ini 🙂
Terima kasih banyak sudah berbagi informasi start up 😀