SK (Dokumen) Elektronik

Baru saja saya membersihkan meja (dan sebagian lemari) yang isinya berbagai dokumen. Salah satu contoh adalah dokumen SK (Surat Keputusan) terkait dengan membimbing mahasiswa, menguji, dan tugas-tugas lainnya. SK / dokumen ini menyemak di meja dan lemari saya. Akhirnya saya putuskan untuk membuang mereka. Padahal seringkali dokumen-dokumen tersebut diperlukan untuk kenaikan pangkat dan lain-lain. (Itulah sebabnya pangkat saya macet tidak naik-naik. hi hi hi.)

Mengapa dokumen-dokumen seperti ini tidak dibuat dalam bentuk elektronik dan tersedia secara online? Padahal sekarang kan jamannya teknologi informasi. Aplikasi untuk itu tidak susah untuk dibuat. Manfaatnya adalah kita tidak perlu susah-susah untuk mengisi borang (form) ini dan itu. Semua data sudah tersedia.

Sekarang saya terpaksa membuang dokumen-dokumen tersebut. Sebagian sempat saya scan. Tetapi yang menjadi masalah adalah hasil scan tersebut mau saya simpan di mana? he he he. Ah kebanyakan “masalah”. Buang saja. Beres kan?

Iklan

6 pemikiran pada “SK (Dokumen) Elektronik

  1. Wah ide bisnis lagi nih pak 😀
    jasa jemput dokumen -> scan -> simpan di cloud storage -> akses dari mana saja -> bisa request cetak juga

    ayo nih buat yang terinspirasi dan siap eksekusi, sudah ada klien pertama nya di sini ;D

  2. mhn maaf Pak, sy pernah kuliah di ITB patel 99, sy mau kompeten di IT, mhn share ilmu & jk bisa mutasi apa bisa Pak, trm kasih, smg Allah merahmati Bapak,

  3. Iya ada kebutuhan bisnis meng-scan-kan dokumen2. Sok dimulai 🙂 Ini saya lagi ngabisin waktu mengscan2 SK-SK yang menumpuk. Mungkin bisa dimulai dari kampus-kampus, karena saya yakin *SEMUA DOSEN* memiliki masalah yang sama (kacau balau dalam soal arsip mengarsip) 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s