Bagaimana Mempopulerkan Situs (How to Generate Traffic to Your Site)

Untuk ketigakalinya dalam minggu ini saya mendapat pertanyaan atau keluhan dari beberapa instansi tentang tidak populernya situs (portal, web site, blog) mereka. Ada yang aksesnya dalam satu bulan ini adalah … nol. hi hi hi. Mereka kemudian berencana untuk mendesain ulang situs mereka. Padahal menurut saya bukan di situ masalahnya.

Ada juga orang-orang yang ingin mempromosikan layanan mereka dengan menumpang (ndompleng) situs-situs yang rame, termasuk blog ini. hi hi hi. (Lihat saja ada yang komentarnya OOT.) Topik SEO (Search Engine Optimization) merupakan sebuah hal yang dicari-cari orang. Bahkan ada bisnisnya tersendiri. Jadi masalah mempopulerkan situs atau menghasilkan traffic pengunjung itu merupakan “masalah” bersama.

Pengalaman saya menunjukkan bahwa masalah utama dari ketidakpopuleran sebuah situs itu adalah informasi (data) yang tersedia tidak berubah untuk waktu yang terlalu lama. Ada situs pemerintahan yang terakhir diperbaharui tiga tahun yang lalu. Tentu saja tidak ada yang ingin mengunjungi situs itu kembali. Sekali mengunjungi – tahun lalu, misalnya – sudah cukup.

Salah satu cara untuk mempopulerkan situs adalah memperbaharui informasinya (content) secara berkala. Sering! Setiap hari kalau bisa. Itulah sebabnya situs-situs berita mendapatkan banyak traffic karena setiap hari orang hadir untuk mendapatkan berita terbaru. Ini juga saya terapkan di blog ini. Saya berusaha untuk menulis *setiap hari* (meskipun akhir-akhir ini banyak terjadi kegagalan). Jadi rumus saya adalah:

Kuantitas lebih penting daripada kualitas

Oleh sebab maka daripada itu … (hi hi hi), sering perbaharui situs Anda. Setelah sering diperbaharui, mulai kita tingkatkan kualitasnya.

Rumus kedua saya adalah

Tulisan yang baru (bukan copy and paste) lebih menarik

Maksudnya begini. Tulisan Anda yang “ngaco” jauh lebih menarik daripada menuliskan ulang (copy and paste) karangan orang lain, meskipun karangan orang lain itu super bagus. Percayalah. Cobalah. Kenapa demikian? Karena orang dapat membaca tulisan tersebut dari sumber aslinya. Lah kalau tulisannya adalah tulisan asli Anda, maka tentu saja kembalinya ke Anda. Tentu saja tulisan Anda ini tidak serta merta langsung disukai orang tetapi ini membutuhkan waktu, tetapi prinsipnya adalah buatlah yang orisinal.

Begitulah tips saya untuk mempopulerkan situs. Semoga bermanfaat.

Iklan

32 pemikiran pada “Bagaimana Mempopulerkan Situs (How to Generate Traffic to Your Site)

  1. tuing… ikut tersenggol, tapi nggak papalah… pak budi kan baik hati dan tidak sombong…. hehe… situs pemerintah itu biasanya membosankan pak, menurut saya masalah mendasarnya adalah karena ya itu seperti yang bapak bilang… ndak ada novelty-nya (sok intelek), mungkin karena ndak ada dana buat itu… atau karena… mungkin mereka lelah… 😀

  2. Pengalaman saya sih selain faktor SEO, juga faktor komunitas narablog. Komunitas tersebut bisa membuat ramai blog serta potensi informasi dibagikan secara organik lebih besar. Misalnya komentar ini.

  3. Bahkan tulisan yang katanya “ngaco” juga membutuhkan kemampuan menulis biarpun pas2an yang penting karya sendiri, dua hal yang bisa saya ambil jadi pelajaran kuantitas dan orisinalitas.

  4. Kuantitas lebih penting dari kualitas. Sepakat, tapi harus diiringi dengan konsistensi dan tidak mengesampingkan kualitas itu sendiri, hehe.

  5. blog tematik juga menarik, misalnya obyek2 wisata di sekitar jogja, atau kota lain yang diulas agak mendetail 🙂 *sayangnya saya malas nulis mendetail, lebih senang masang foto-fotonya saja 😀

  6. Yang paling kesal kalau cari informasi sekolah,Pak… Tiap masa pendaftaran ortu harus menghubungi beberapa sekolah dengan jatah waktu yang sedikit. Pas buka situsnya… Halaahh! postingannya sudah 1 atau 2 tahun yang lalu. Sebaiknya mereka menunjuk 1 orang untuk terus memperbaharui. Di luar masa pendaftaran pun ortu siswa butuh informasi
    jadwal kegiatan/ nilai/ sumbangan untuk siswa yang tak mampu/ pemberitaan guru yang tengah dirawat sakit/ laporan pelanggaran siswa, dll… *Nice post 🙂

  7. Wah mantap tipsnya, kebetulan lg nyari2 informasi ini,, saya baru buat web ttg referensi dunia teknologi, tp msh blm terlalu ramai

  8. Tahniah pak!! Blog bapak adalah antara blog yang populer di Indonesia. Mesti pakai ilmu SEO yang bagus sekali dan rajin postkan entri-entri yang menarik dan unik ya. Mohon lawati blog saya yang tak begitu populer. Sila baca post tentang blog2 populer di Malaysia pada tautan di bawah:

    http://panduanpercuma.info/malaysia-best-blog-2015/6619/malaysia-best-blog-2015/

    Terima kasih ya kerana luangkan masa untuk kunjungi blog saya. Tahniah sekali lagi!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s