Internet Mengajari Budaya Instan?

Beberapa rekan berdiskusi mengenai efek (negatif) dari internet terhadap kebiasaan manusia. Salah satu yang muncul adalah dugaan bahwa internet mengajari kita untuk tidak sabar dalam membaca. Kalau dahulu kita membaca berita sampai habis. Kalau sekarang orang lebih senang membaca judulnya saja. Atau kalau dibaca tulisannya juga hanya halaman pertama yang dibaca. Jarang ada orang yang mau membaca tulisan yang panjang-panjang. Apakah benar demikian?

Terkait dengan hal ini akhirnya orang tidak mau mendiskusikan hal-hal yang rumit. Padahal ada banyak orang yang merasa telah membahas hal-hal yang penting, tetapi sesungguhnya hanya bagian kulitnya saja. Ketika intinya dibahas – dan tentunya berat, membutuhkan bacaan yang lebih dalam – maka banyak orang yang kemudian menghilang.

Orang juga diajari malas untuk mencari sumber bacaan (berita) sesungguhnya. Mereka ingin disuapi. Padahal sesungguhnya teknologi tersedia. Atau, mungkin justru karena teknologi tersebut maka orang kehilangan skill yang seharusnya simpel.

Hmm…

23 pemikiran pada “Internet Mengajari Budaya Instan?

  1. benar Pak, internet telah merubah peradaban manusia, terkait media yng mjd sumber informasi keakuratannya jelas pasti berbeda . sesuai user krn internet adl sumber ilmu & media perubahan peradaban. Selamat Berkarya Pak.

  2. internet sudah menjadi kebutuhan dan kadang pengunaannya di pakai untuk hal hal negatif dan tidak mau baca yang lebih bermanfaat apa lagi panjang pasti malas

  3. Hmm relatif pak. Kalo saya pas nyasar di blog pak Budi ini, sy lahap sampai habis tulisannya. Lha kalo orang nyasarnya di blog saya, ya pasti yg dibaca judulnya doank.. :D. Hmm memang pak, tetapi teknologi bukankah merubah budaya? Dari jaman papirus, kertas hingga online begini tentu budaya berubah (sifat sok tahu saya mode on).

  4. Pengaruh buruk pasti ada pak. Tapi yg positif jg banyak. Masalahnya bagaimana cara agak lebih banyak yg positifnya yg diambil. Hehehe.. oot gak ya?

  5. ada positif dan negatifnya sih mas. kalau menurutku, bagaimana cara masing-masing individu memperlakukannya saja sih .. ya namanya juga kemajuan jaman, makin lama makin maju toh.. jangan sampai kita di perbudak atau di jajah robot aja hehehehe

  6. Betul. Positifnya, sangat cepat sekali mendapatkan informasi di internet. Kita bisa menjadi “expert” secara instan.

    Case in point, dalam pekerjaan, saya dituntut untuk menguasai beberapa bidang dengan sangat cepat, mulai dari keuangan hingga teknologi satelit terkini, Dengan adanya internet on your pocket, saya bisa mempelajari beberapa hal terkini dengan cepat. Beberapa klik dan voila, informasi tersaji langsung dihadapan saya.

    Tapi negatifnya, attention span saya berkurang jauh. Kalau dulu saya membeli satu buku, saya baca sampai habis, sekarang karena banjir informasi, rasanya malas sekali untuk membaca buku sampai habis. Karena begitu merasa puas dengan informasi yang dicari, saya akan pindah ke hal lain.

    Kalau dulu, saya harus ke toko buku atau perpustakaan dulu, baru mendapatkan informasi yang saya butuhkan. Terkadang setelah baca atau skimming satu atau dua buku baru kita menemukan apa yang kita cari. Tapi pemahaman kita lebih mendalam.

    Keinginan saya adalah mematikan semua gadget dan laptop dan mengurung diri di kamar dengan buku. Tapi itu adalah kemewahan bagi saya.

  7. Bukan internet yang mengajari budaya instan. Malah internet yang mendukung saya berbudaya instan. Saya hanya tertarik dengan apa yang saya pengen ketahui. Makanya sangat senang dengan Wikipedia, blog dan Twitter.

  8. Internet memberi pengaruh positif dan negatif tergantung bagaimana kita menyikapinya. lebih baik manfaatkan untuk yang positif2 aja biar tidak merugikan diri sendiri.

  9. Kebiasaan membaca judulnya ini kadang disalahgunakan. Seperti pilpres kemarin, banyak media online yang membuat judul heboh yang isinya (belum tentu) ‘nyambung’.

Tinggalkan Balasan

