Tag

,

Kalau melihat orang-orang lain, boleh jadi kita iri karena mereka kok memiliki banyak sumber daya sementara kita tidak. Mereka punya server banyak. Kita, server satu pun sudah hampir sekarat karena sudah tua. Mereka punya kantor yang keren-keren, sementara kantor kita pas-pasan. Kalau kita bandingkan kondisi di Indonesia atau di luar negeri juga bakalan ngiri. Dan masih banyak perbandingan-perbandingan lain.

Kalau membanding-bandingkan diri dengan orang lain kita akan merasa minder. Padahal, kalau kita tahu, mereka juga punya banyak masalah. Hanya tidak kelihatan saja. The grass is always greener over there. hi hi hi.

Dalam tulisan “10 Ways Real Entrepreneurs Are Different From Wannabe Entrepreneurs“, ada salah satu hal yang disebut: “5. Entrepreneurs Work Hard For The Business While Wantrepreneurs Work Hard For Their Image“. Nah. Kita jangan terlalu terpancing dengan image. Mereka terlihat lebih bagus fasilitasnya. Yang penting kerjanya.

Siapa penemu pesawat terbang? Ada yang bilang Wright Brothers. Eh, iya memang betulan kakak beradik Wright; Orville dan Wilbur. Mereka bersikeras untuk mengembangkan pesawat terbang. Padahal duit mereka cekak banget. Kalau kita telaah lebih jauh  sejarahnya, ada group-group lain yang lebih memiliki sumber daya (finansial, orang-orang yang lebih berpendidikan) tetapi ternyata kalah oleh Wright bros. Kalahnya adalah di passion. Kelompok lain hanya tertarik oleh fame and fortune; ketenaran dan duit. Sementara Wright bersaudara hanya ingin memecahkan sebuah masalah, membuat pesawat terbang dengan passion mereka. Itu dia kekuatan yang perlu kita contek.

Keterbatasan sumber daya bukan jadi alasan. Nah.