Menghilang …

Baru saja dapat SMS dari seseorang (yang tidak saya ketahui siapa karena tidak ada di dalam daftar kontak handphone saya). Isinya menanyakan kemana saja saya karena tidak pernah muncul di acara-acara IT. Hmm… saya jadi berpikir; apa iya ya?

Memang akhir-akhir ini saya tidak banyak terlibat di keramaian acara-acara. Ada beberapa alasan. Alasan yang pertama dan utama adalah kebanyakan acara-acara tersebut berada di Jakarta. Sementara itu saya tinggal di Bandung. Malas rasanya kalau ke Jakarta hanya untuk satu acara kemudian kembali ke Bandung. Tiga jam ke Jakarta dan tiga jam kembali ke Bandung. Kalau acaranya hanya satu atau dua jam, maka justru habis waktunya di perjalanan. It’s not worth it. Kapan-kapan saya tulis opini yang lebih panjang tentang ini ya?

Belum lagi setelah perjalanan yang menghabiskan waktu tersebut tentu saja saya lelah. Besoknya sudah habis energi. Padahal masih banyak yang harus saya kerjakan.

Saat ini waktu saya habis banyak di kampus. Perkuliahan. Biasanya saya hanya mengajar dua mata kuliah tetapi semester ini menjadi empat! Hadoh. Saya bukan dosen yang menggampangkan kuliah. Bukan dosen yang asal namanya tertampang di jadwal kemudian banyak mangkir mengajar atau menyerahkan kepada asisten. Demikian pula, materi kuliah saya perbaiki terus menerus. Hasilnya ya habis waktu.

Selain itu saya juga banyak melakukan mentoring kepada berbagai start-up dan inisiatif-inisiatif di Bandung. Ini juga menghabiskan waktu. Tetapi bagi saya ini menghabiskan waktu yang produktif. This is the real work. Bukan hanya ramai-ramainya dan muncul di media saja mencari popularitas. Maaf kalau ada yang tersinggung.

Mungkin ini semua sebabnya saya terlihat menghilang dari sirkuit media.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

5 responses to “Menghilang …

Tinggalkan Balasan

