Ngeblog Amatiran Saja

Membaca koran Pikiran Rakyat hari ini (Minggu, 17 Mei 2015), ceritanya tentang ngeblog. Judulnya “Bisnis manis menulis blog”. Hmmm…

IMG_8408 bisni blog

Mungkin saya agak berbeda pandangan dengan mereka yang menulis blog untuk tujuan komersial ya. Saya sih menulis blog untuk tujuan lain – salah satunya adalah belajar menulis dengan baik – bukan semata untuk berbisnis. Kalau ada duitnya ya bagus tetapi bukan itu tujuan utamanya.

Sudah ada banyak orang yang bertanya mengapa blog ini tidak saya komersialkan, mislnya dengan memasang iklan secara pribadi atau melalui Google. Jawaban saya adalah saya belum tertarik. Jawaban sebetulnya adalah karena males aja. Ngeblog amatiran saja ah.

Kalau menulis seperti sekarang ini bebas tanpa tekanan (dari diri sendiri). Tidak ada aturan atau targetan khusus yang ingin saya capai. Topik atau judul tulisan juga sesuka saya. Tidak perlu dikemas sedemikian rupa sehingga ramai dikunjungi orang (SEO stuff). Ada banyak yang baca ya Alhamdulillah. Tidak ada yang baca, juga tidak masalah. Entah ini baik atau buruk, yang pasti menyenangkan bagi saya. he he he. Itu yang penting, bukan?

Iklan

26 pemikiran pada “Ngeblog Amatiran Saja

  1. Saya menulis blog juga untuk tujuan latihan menulis Prof. Cuma, saya tetap pasang iklan adsense untuk hiburan. Siapa tahu dapat duit. Lagipula pasang iklan juga ga sulit, kayaknya.

  2. Wah, setuju banget dengan pak Budi. Emang ada yang nulis blog buat senang-senang ada juga yang dijadikan mata pencaharian utama. Kalau Saya sih nulis blog juga sebagai dokumentasi solusi dari banyak masalah yang di alami,hehehe. Supaya nantinya aps ketemu masalah yang sama tau cara gampangnya πŸ™‚

  3. Artikelnya sangat menarik. dan komentnya juga beragam. tapi tidak ada salahnya jika kita bisa hebat(expert) di bidang yang kita suka dan bisa di bayar mahal disana. why not ?

  4. Seandainya blog ini pun dipasang iklan, pasti sudah passive income Pak Budi akan lebih banyak lagi. hehehe… :mrgreen:

    Awalnya saya juga enggan untuk memasang iklan, tapi lama-kelamaan tergiur juga… πŸ˜†

    Hanya saja saya tidak ngotot sampai mengunakan berbagai macam teknik SEO. Saya hanya menulis apa yang ingin saya tulis. That’s it. Kalau memang ada yang meng-klik iklannya ya alhamdulillah… πŸ™‚ Rejeki udah ada yang ngatur…

  5. Ngeblog buat saya sebagai menyelam sambil meminum air pak, kesenangan tanpa ada embel embel apapun yg suatu saat akan dilirik semua orang berdasarkan ranking

  6. Menulis buat saya hiburan, tapi kalau dilirik produk suruh bikin review saya ambil, kepengen tau sih… saya mampu atau nggak menulis dalam gaya lain? Asal tidak bohong dan lebay saja … πŸ™‚

  7. Roh dari blog ini justru karena ketidakkomersialannya.. Saya tak bisa bayangkan kalo blog ini dikomersilkan.. Salut saya buat pak Budi karena konsistensi ngeblog dengan gaya seperti ini.. Amatir? Justru yang (konsisten) seperti ini yang saya anggap profesional..

  8. Ya memang alasan orang beda-beda untuk menulis blog , yang penting isi dari blog itu bermanfaat dan kata-katanya pun baik untuk di baca πŸ™‚ sukses untuk yang menulis blog πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s