Tag

,

Beberapa hari yang lalu, David Letterman mengakhiri acara “Late Night” di CBS setelah 33(?) tahun mengudara. Letterman merupakan salah satu sosok pembaharu acara talk show setelah Johnny Carson.

Bagi saya, David Letterman merupakan seorang “mentor” yang mengajari saya bahasa Inggris dan pop culture. He is one of my heroes.

Ketika saya berangkat ke Kanada tahun 1987, saya sebetulnya sudah bisa berbahasa Inggris tetapi penguasaan bahasa Inggris saya masih formal. Setelah sampai di Kanada saya tinggal di asrama (dorm). Dan tentu saja budaya mahasiswa mulai menjadi bagian dari saya; pop culture. Salah satunya adalah acara Late Night-nya David Letterman ini. Yeah, for better or worse, I am Westernized.

Lawakan si Dave ini lucu, nakal, synical, dan intelektual. (Entah kenapa, saya merasa perlu memberi penekanan kepada kata “intelektual”.) Satu hal lagi adalah apa yang dia lakukan tidak palsu (fake). Ini yang kemudian menjadi panutan saya. Jadi, kalau Anda melihat saya melucu (secara intelektual) di panggung itu adalah gara-gara David Letterman. Secara tidak langsung, dia adalah “mentor” saya. (And if you see me wearing boots and suits, at one point I saw Dave wearing his basket ball shoes and suits. So, it’s okay, I am thinking. I am wearing boots most of the time.)

Jangan salah, banyak komedian lain yang mengakui David Letterman sebagai mentornya. Silahkan sebut nama komedian favorit Anda, pasti David Letterman masuk sebagi bagian dari idola / mentornya. Ini adalah contoh-contohnya. (Yeah, I am collecting these so that you know how he impacted those comedians.):

Kembali ke Indonesia, salah satu kehilangan saya adalah menonton “Late Night”-nya David Letterman ini. Sekarang, tidak hanya saya saja yang kehilangan, tetapi orang banyak. Lihat ini selebritis yang sangat menyayangi Dave Letterman. Look for the love and respect they show to him:

Sekali lagi, terima kasih, David Letterman. We love you. You don’t think that you have a fan here in Indonesia, do you? Thank you for making us better (and funny) persons.