Bacaan Yang Pantas Dibaca

Ada berapa buku yang diterbitkan setiap harinya? Saya tidak tahu statistiknya. Semestinya banyak. Dari buku-buku yang diterbitkan ini, berapa persen yang bagus dan layak untuk dibaca? Nah, ini lagi-lagi saya tidak tahu, tetapi saya menduga jumlahnya tidak banyak. Ini berdasarkan pengalaman pribadi dikecewakan membeli buku. Mungkin ketidaksukaan saya pada beberapa buku adalah masalah selera, tetapi saya yakin memang banyak buku yang tidak layak untuk dibaca. Memboroskan waktu saja.

Bagaimana mencari buku yang pantas dibaca? Untuk itu ada beberapa situs yang memberikan resensi dari para pembaca buku. Bukan dari penerbit / penjual buku. Review dari mereka dapat membantu kita memilih buku yang pantas dibaca.

Sekarang dengan teknologi informasi (IT) makin banyak bahan bacaan lagi. Ada banyak blog, situs, situs berita, dan juga media sosial. Dari ini semua, seberapa banyak yang memang pantas untuk ditukarkan dengan waktu kita? Saya yakin, tidak banyak. Lantas, mengapa kita masih membuang waktu kita untuk membaca, mengomentari, dan bahkan mencari bacaan yang tidak manfaat itu?

Carilah bacaan yang manfaat, yang membuat kita menjadi lebih baik dan bahagia. Bukan bacaan yang membuat kita marah-marah, meningkatkan tekanan darah, dan membuat permusuhan. Lebih baik cari bacaan yang positif lah. Memang tidak banyak, tetapi ada. Hargai waktu kita.

Iklan

27 pemikiran pada “Bacaan Yang Pantas Dibaca

  1. Blog ini menjadi bahan bacaan yg wajib (kalo sempet), dan wajib dikomenin (kalo bisa). Blogging tanpa membaca, biasanya blogger spam dan pemain AGC yg tidak perlu riset referensi. Membaca buku beneran dengan membaca di perangkat elektronik, tentu jauh berbeda dari sisi manapun. Yg bijak adalah menyeimbangkan porsi kadar bacaan dari dua dunia yg berbeda itu, (halah)

  2. Coba join Goodreads saja Pak, jejaring sosial untuk review buku. Sebelum membeli buku biasanya saya membaca reviewnya dulu di sana. πŸ™‚

  3. Pak situs2 review buku yang pantas di baca apa aj yah pak? Soalnya saya juga liat banyak buku yang sepertinya menarik tapi, waktu yang Saya miliki gak banyak 😦

  4. Ya…. benar sekali. Pak Budi Rahardjo. Saya biasanya mengikuti bacaan dari Om Bill Gate. Selalu di bagikan buku-buku bagus yang telah di baca, seperti : 1) Hyperbole and a Half, by Allie Brosh. 2) The Magic of Reality, by Richard Dawkins. 3) What If?, by Randall Munroe 4) How to Lie With Statistics, by Darrell Huff. 4) Should We Eat Meat?, by Vaclav Smil

    saya lebih suka mengintip pemikiran Pak Budi Rahardjo, dan merasakan jadi murid yang baik. Makasi banyak ya….

  5. Patut di cermati, sebagai orang tua, jangan sampai diri dan anak2 tersesat atau hilang waktu sia2 gegara membaca yang tak guna….

  6. Membaca di zaman skrg kayaknya memang jadi sebuah latihan juga bagi kita..latihan menahan emosi dll πŸ™‚ tp msh bnyak juga buku berkualitas yg bisa menginspirasi. Salam kenal πŸ™‚

  7. Saat ini memang sudah semakin marak perkembangan dunia IT.. Sepertinya lama kelamaan buku-buku memang akan mulai hilang dari peredaran, digantikan dengan bacaan menggunakan jaringan internet.

    Hitung-hitung juga kita bisa melestarikan go green dengan tidak banyak memproduksi buku-buku (ya caranya pembaca dialihkan ke internet).

  8. Pada kalimat “…Bukan bacaan yang membuat kita marah-marah, meningkatkan tekanan darah, dan membuat permusuhan. Lebih baik cari bacaan yang positif lah. Memang tidak banyak, tetapi ada. ” terasa berat pak. Soalnya ketika buka sosmed, bacaan seperti itu yang bikin kita klik secara tidak sengaja.. Soalnya judulnya provokatif banget πŸ˜€

  9. perlu selektif memang membaca buku, karena umur manusia yg terbatas sehingga sayang kalo habis dg membaca2 yg kurang bermanfaat, apalagi kalau bikin marah-marah dan tensi tinggi..
    kontraproduktif jadinya..

    paling tidak baca blog pak BR, sering dapat inspirasi .. πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s