Mentoring di Founder Institute

Semalam saya menjadi salah satu dari mentor di the Founder Institue. Topik yang saya ingin bawakan sebetulnya adalah tentang pengembangan produk (product development). Hanya saja waktunya yang terbatas, maka saya hanya cerita sepotong saja.

IMG_8600 FI

Selain sedikit bercerita, kami para mentor juga menilai para start-up dalam acara hot seats. Mereka diminta untuk memberikan presentasi dalam waktu 3 menit. Terus kami memberi nilai; 1, 2, 4, 5. (Tidak ada 3.) Yang ini agak kejam menilainya. Brutal. Saya sih termasuk yang agak “baik”. hi hi hi. Mereka tidak kenal saya sih. hi hi hi.

FI mentoring

[Foto dari Natali Ardianto. Para mentors (dari kiri ke kanan): On Lee, Natali Ardianto, Richard Fang, Adeo Ressi, saya, Razi Thalib]

Bagi saya ini bukan malah kejam atau tidak kejam. Para start-up punya masalah dalam mempresentasikan idenya. Ya sama seperti mahasiswa juga. he he he. Saya paham bahwa mereka hanya punya waktu 3 menit untuk presentasi. Ini sebuah waktu yang sangat singat. Tapi demikianlah. Kalau dalam waktu 3 menit tidak dapat menarik minat, ya mungkin presentasi selanjutnya juga kurang menarik.

Inti dari presentasi harusnya:

  1. Apa masalah yang ingin dipecahkan?
  2. Apa yang sudah dilakukan orang lain untuk memecahkan masalah itu?
  3. Ide pemecahan masalah itu seperti apa? Bagusnya apa dibanding yang lain?
  4. Siapakah Anda (tim Anda)?

Semoga para start-up itu sukses!

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

8 responses to “Mentoring di Founder Institute

Tinggalkan Balasan

