Terlalu Banyak Data

Kemarin nyobain handphone baru. Begitu dipasang, dia langsung mensinkronkan kontak dan email. Busyet dah. Langsung handphone saya menjadi lelet. Maklum, saya memiliki data email yang sangat banyak. Sehari mungkin bisa dapat sekitar 500 email.

Desain dari aplikasi sekarang belum memperhitungkan jumlah data yang besar. Dianggapnya email hanya 10 atau 20 atau bahkan 100 email. Lah email saya ada 20.000. Gimana caranya melihat di handphone? Apalagi kalau email-email itu mengandung attachment (misal, tugas mahasiswa). Kebayangkan langsung habisnya memori komputer saya.

Baru saja saya selesai menjadi juri dari lomba pengembangan aplikasi (software). Salah satu hal yang belum dilihat oleh para pengembang adalah skala dari data. Misalnya, ada yang mengembangkan visualisasi pelaporan dengan menampilkannya dalam bentuk peta (digabung dengan Google Map?). Data yang digunakan di bawah 10 buah. Visualisasi mudah. Lah kalau datanya ada 3000 buah bagimana? Layarnya penuh dengan pin yang 3000 buah itu. hi hi hi.

Minggu lalu saya membackup web site saya, yang berisi data kuliah dan tugas mahasiswa. Web saya saja sudah ada 6 GB. Hadoh. Memang sudah kebanyakan data nih.

Iklan

10 pemikiran pada “Terlalu Banyak Data

  1. Pengembang software di Indonesia banyak yang sudah mempertimbangkan scalability, pak. Mungkin peserta lombanya saja yang (kebetulan) memang belum memikirkan itu karena masih level lomba 🙂

  2. Manusia modern produktif sekali membuat data, instan dan kompleks, seinstan kualitas data dan umur data itu, bahkan umur si pembuat data masalah manusia modern yg kompleks. Manusia purba membuat data di dinding gua, makan waktu lama tidak instan, meski sederhana, tapi umur data mereka bahkan ada yg bisa kita akses hari ini.

  3. wow.. email anda banyak sekali bisa sampe 20.000.
    kenapa gak di apus – apusin aja emailnya bos.?
    tapi memang masalah besar data masi menjadi problem bagi para pengembang. soalnya koneksi internet di indonesia masih terbatas, jadi aplikasi cloud belum bisa dipakai secara optimal.

    kunjungi blog saya @ http://blog.oliverj.biz

  4. Kalau sinkronisasi email di hape cuma utk seminggu kok. Jadi tdk semua email didownload ke hape.

    Mengenai pin di google maps bisa dibuat parsial, misalnya radius 0-50km dan 50-100 km dari posisi. Jadi tidak semua data peta didownload ke hape.

    Salam, Pak 🙂

  5. seharusnya bukan kepentingan kedua sholat gan “raka” masih banyak rukun islam yang lain,,,,,dan sunnah rosul. menurut ane,,wih banyak juga emailnya ya,,,nyimpan data apa aja gan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s