Konser LCLR Plus

Tanggal 1 Oktober kemarin saya menyaksikan konser LCLR Plus di Balai Kartini, Jakarta. LCLR adalah singkatan dari Lomba Cipta Lagu Remaja, sebuah kegiatan yang digelar oleh Radio Prambors di tahun 1970-an. Tepatnya 1976. Sejarahnya kira-kira begini. (Ini juga tahunya gara-gara menonton klip video di konser tersebut dan hadir di acara konferensi pers sebelum acara.)

Pada tahun segitu, dunia musik pop Indonesia kebanyakan berisi lagu-lagu yang “cengeng”. (Maaf kalau ini menyinggung beberapa pihak.) Ya, mungkin sama seperti saat ini lah. he he he. Maka beberapa orang punya ide agar dibuat semacam lomba untuk membuat lagu-lagu yang bagus. Motor utamanya adalah Radio Prambors. Lucu atau ironinya, Radio Prambors dahulu justru lebih dikenal bernuansa “Barat”. Nah, ini mengusung lagu-lagu ciptaan orang-orang Indonesia. Keren kan?

Eh, ternyata lomba tersebut sukses. Ada banyak yang mengirimkan lagu dan hasilnya adalah lagu-lagu yang luar biasa bagusnya. Yang mungkin paling “terkenal” bagi banyak orang adalah lagu “Lilin-lilin kecil”, tetapi sesungguhnya ada *BANYAK* lagi lagu-lagunya yang bagus. Silahkan didengarkan. Maka LCLR dapat dikatakan menjadi salah satu tonggak musik Indonesia.

Salah satu motor musik dari LCLR itu adalah Yockie Suryo Prayogo. Cerita tentang mas Yockie ini bisa panjang lagi. Lain kali ya. Ada banyak karyanya yang luar biasa. Selain LCLR, yang terkenal juga adalah album “Badai Pasti Berlalu” yang digarap bersama Eros Djarot dan Chrisye. Nah, konser LCLR plus kali ini mengusung lagu-lagu dari LCLR plus lagu-lagu karya mas Yockie. Konsernya sendiri dilakukan dua hari, tanggal 1 dan 2 Oktober 2015. Saya hadir yang tanggal 1 Oktober 2015.

Saya sendiri merasa bersyukur kenal mas Yockie. Jadinya saya dikasih tiket untuk keluarga mas Yockie. hi hi hi.

IMG_9534 amplop

Di hari-H-nya saya sengaja menginap di hotel Puri Denpasar yang bersebelahan dengan Balai Kartini, tempat dilangsungkannya acara. Siang hari saya sudah bisa nengok konferensi persnya. Setelah itu saya juga bisa lihat gladiresiknya. Dan malamnya, saya menikmati acaranya.

Ada beberapa foto yang saya ambil ketika acara belum mulai. Setelah acara mulai saya tidak bisa mengambil foto dari jarak dekat karena tidak punya kartu tanda pers. hik hik hik. Lain kali mau minta ah. Jadinya foto-foto pas acara diambil dari jarak jauh dan hasilnya kurang memuaskan. (Foto-foto akan saya link di sini secara bertahap ya. Sabaaar.)

DSC_0061 yockie salam 0001

Sebagai sampel, saya video lagu pembukaannya; “Overture – Jurang Pemisah”. Sayang sekali bagian awal kepotong karena saya sibuk menyalakan iPhone. Ini video saya ambil dengan menggunakan iPhone. Lumayanlah bisa ditonton. Selamat menikmati.

Band dari konser ini adalah:
Keyboard 1: Yockie Suryo Prayogo
Keyboard 2: Eggy
Drummer: Iqbal
Gitar: YankJay Naki Nugraha
Violin: Didiet

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

3 responses to “Konser LCLR Plus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: