Kesulitan Dalam Menjelaskan

Menjelasakan sesuatu itu tidak mudah. Apalagi menjelaskan sesuatu yang kita mengerti tetapi belum dimengerti oleh orang lain. (Kok jadi mbulet begini.) Begini. Saya ambil contoh saja. Misalnya saya ingin menjelaskan sebuah konsep tentang kritografi kepada orang yang tidak memiliki latar belakang teknis. Pusing juga menjelaskannya.

Lebih sulit lagi kalau saya harus menjelaskannya melalui tulisan. Saya tidak tahu sampai sejauh mana harus menjelaskannya. Kalau dimulai dari hal yang mendasar, penjelasannya bisa panjang lebar. Mungkin itu juga tidak perlu. Kalau penjelasannya meloncat ke satu tempat, mungkin akan membingungkan karena pembaca tulisan saya itu belum memiliki landasan yang cukup untuk memahami konsep tersebut. Dan karena tertulis, saya tidak mendapat feedback secara cepat.

Oh ya, ini saya sedang berusaha memperbaiki makalah karena nampaknya perlu lebih banyak penjelasan. Sementara itu saya masih bingung mencari penjelasan yang pas.curh

Iklan

7 pemikiran pada “Kesulitan Dalam Menjelaskan

  1. Saya punya banyak pengalaman tentang kesulitan menjelaskan sesuatu pada orang lain, apalagi menjelaskannya kepada orang yang dari wilayah lain dari tempat asal kita…

  2. Benar Pak, apalagi kalau Istilah IT Security harus dijelaskan di novel, Susah karena latar belakang pembaca pasti beda. Kebetulan saya lagi nulis novel yang ada adegan hackingnya.
    *ikutan numpang curhat.

    Salam.

  3. cara pak budi rasanya sudah tepat pak. hindari istilah yang terlalu teknis. gunakan bahasa yang sederhana. hehehe.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s