e-Commerce Untuk UMKM

Hari Senin lalu, saya mengadakan acara Focus Group Discussion (FGD) tentang pemanfaatan e-commerce untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Inti topik yang dibahas adalah apakah memang UMKM dapat memanfaatkan e-commerce?

Pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk e-commerce diaulat dapat meningkatkan jumlah transaksi perdagangan. Untuk perusahaan besar, hal ini dapat dimengerti. Namun, bagi UMKM ini masih dipertanyakan. Ada beberapa masalah.

Pertama, UMKM memliki sumber daya manusia (SDM) yang sedikit. SDM ini juga biasanya difokuskan untuk membuat produk, bukan untuk mengelola sistem e-commerce. Penguasaan teknis dari SDM ini juga terbatas.

Kedua, lokasi UMKM juga menentukan ketersediaan infrastruktur IT. Bayangkan UMKM yang berada di desa terpencil. Jangankan untuk e-commerce, listrik juga mungkin terbatas. Telekomunikasi juga mungkin belum menjangkau.

Selain itu sistem e-commerce yang ada saat ini mungkin harus dipermak sehingga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi UMKM. Sebagai contoh, UMKM biasanya tidak memiliki sistem inventory yang dapat dihubungkan dengan sistem e-commerce. Sistem pembayaran non-tunai juga biasanya terbatas pada transfer bank.

Ah, masih banyak tantangan yang harus dipecahkan agar e-commerce dapat dimanfaatkan lebih maksimal oleh UMKM.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

4 responses to “e-Commerce Untuk UMKM

  • kaffah

    bisa juga menawarkan barang di web kaffah.biz didalamnya ada program dimana ribuan web yang terdaftar bisa saling berjualan barang yang nantinya mendapatkan komisi, bisa juga tidak perlu punya web lebih jelasnya ke web dech dinamakan kaffah store

  • Amin Tr

    Pak Budi, tergoda komen lagi. Apalagi bahasannya UMKM dan internet. Saya setuju jika ada yang mengatakan internet menguatkan usaha mikro, kecil, dan menengah. Usaha Menengah mungkin sudah relatif akrab dengan internet (salahsatunya e-commerce) namun usaha kecil apalagi mikro memerlukan pendampingan untuk menggunakan internet sebagai channel pemasaran mereka. Meskipun kadang ada pengusaha berpendidikan namun usahanya berskala mikro jadi ia justru paham internet ‘duluan’ atau sebaliknya ada seorang pengusaha yang berkelas menengah bahkan besar tetapi belum pernah bersentuhan dengan inernet. Jadi PR kita sekarang adalah memberi pemahaman tentang internet kepada pelaku UMKM sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: