Tag

, ,

Saat ini banyak tuduhan bahwa internet, atau lebih tepatnya media sosial, lebih banyak memberi keburukan daripada kebaikan. Banyak orang menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting – dan bahkan negatif – di internet. Menggunjing, marah-marah, menipu, bullying, menyebarkan kebencian, dan masih banyak hal negatif lainnya.

Saya menggunakan internet untuk hal yang positif. Salah satunya untuk belajar. Yang saya maksudkan belajar di sini bukan hal yang formal seperti belajar di kelas, tetapi belajar untuk diri sendiri. Menambah ilmu dan wawasan.

YouTube merupakan salah satu tempat yang sering saya gunakan untuk belajar. Dengan YouTube saya dapat mendengarkan pengalaman dan pelajaran dari orang-orang yang sulit untuk dicapai dengan metoda konvensional. Misalnya, jika saya harus belajar ke seorang pakar di Amerika dengan cara konvensional (bertemu secara fisik) berapa biayanya dan kapan?

Pagi ini saya belajar tentang musik dari Nile Rodgers melalui wawancaranya yang ditayangkan di YouTube. Ini dia. Keren amat.

Ilmu, setidaknya wawasan, saya bertambah setelah melihat video tersebut. Terima kasih internet. Terima kasih YouTube.

Oh ya, jika mau belajar ilmu yang lebih “konvensional” ada juga yang keren. Ini dia kuliah dari Walter Lewin; “For the Love of Physics”. Selamat belajar.