Internet dan Pembelajaran

Saat ini banyak tuduhan bahwa internet, atau lebih tepatnya media sosial, lebih banyak memberi keburukan daripada kebaikan. Banyak orang menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak penting – dan bahkan negatif – di internet. Menggunjing, marah-marah, menipu, bullying, menyebarkan kebencian, dan masih banyak hal negatif lainnya.

Saya menggunakan internet untuk hal yang positif. Salah satunya untuk belajar. Yang saya maksudkan belajar di sini bukan hal yang formal seperti belajar di kelas, tetapi belajar untuk diri sendiri. Menambah ilmu dan wawasan.

YouTube merupakan salah satu tempat yang sering saya gunakan untuk belajar. Dengan YouTube saya dapat mendengarkan pengalaman dan pelajaran dari orang-orang yang sulit untuk dicapai dengan metoda konvensional. Misalnya, jika saya harus belajar ke seorang pakar di Amerika dengan cara konvensional (bertemu secara fisik) berapa biayanya dan kapan?

Pagi ini saya belajar tentang musik dari Nile Rodgers melalui wawancaranya yang ditayangkan di YouTube. Ini dia. Keren amat.

Ilmu, setidaknya wawasan, saya bertambah setelah melihat video tersebut. Terima kasih internet. Terima kasih YouTube.

Oh ya, jika mau belajar ilmu yang lebih “konvensional” ada juga yang keren. Ini dia kuliah dari Walter Lewin; “For the Love of Physics”. Selamat belajar.

9 Comments

  1. ya namanya juga manusia, pasti ada hitam dan putih. tugas kita cuma saling mengingatkan. saya suka postingan anda ini pak…

  2. Saya juga bersyukur ada youtube. Anak SMA saya banyak belajar rumus matematika dari sana. Ada kelompok mahasiswa yang betul betul ihlas membagi ilmu. “Enak! Kalau nggak ngerti bisa diulang – ulang. Nggak malu sama teman, nggak habisin waktu guru untuk menerangkan, bisa sambil tiduran atau makan , pula!” Katanya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s