Tag

Mengapa banyak band bubar? Salah satu alasan adalah ada yang merasa lebih berjasa dibandingkan lainnya. Biasanya ini adalah front man, seperti misalnya penyanyi utama. Dia merasa lebih berjasa atau lebih penting dari lainnya sehingga merasa perlu mendapatkan perlakuan yang lebih dari yang lain.

Hal serupa juga terjadi dalam klub sepak bola. Biasanya penyerang atau striker merasa lebih berjasa dibandingkan barisan pertahanan. Ini juga bisa membuat team work menjadi kocar kacir.

Dalam organisasi dan kehidupan sehari-hari ini juga terjadi. Banyak contohnya. Apakah Anda mengalaminya? Boleh diceritakan.

Ketika Anda telah banyak berkarya, jangan lupa diri. Meskipun Anda yang paling berjasa, jangan pernah merasa Anda yang paling penting atau paling berjasa. Perlu dingat ada banyak pihak yang ikut membantu dalam kesuksesan Anda. Bahkan orang atau pihak yang dirasakan tidak terlalu penting ternyata ikut berperan juga.

Dalam contoh sepakbola, kalau tidak ada barisan pertahanan dan kiper, meskipun punya striker yang super jago  juga percuma. Eh, bahkan tukang cuci kaos tim juga boleh jadi ikut menentukan kesuksesan. Dalam contoh musik, roadies – tim yang membantu urusan sound – tidak terlihat tetapi mereka sangat menentukan dalam kesuksesan manggung.

Humility. Itu kata kuncinya.