Kembali Ke Mode Koding

Hari Sabtu yang baru lalu seharusnya saya ke Jakarta untuk sebuah rapat, tetapi tidak jadi karena malamnya saya merasa kurang enak badan. Hari Jum’atnya memang banyak pekerjaan sehingga saya benar-benar capek. Hari Sabtu itu pun saya seharusnya mengemudikan kendaraan sendiri ke Jakarta. Wah. Saya putuskan untuk batal ke Jakarta saja.

Di rumah, saya kembali melakukan pemrograman alias koding. (Ini terjemahan ngasal dari bahasa Inggris “coding”. he he he.) Kebetulan beberapa hari terakhir ini saya sedang membuat sebuah program (client-server) dengan menggunakan bahasa Python.

Salah satu kendala yang belum saya ketahui adalah platform yang akan digunakan; apakah Linux, Windows, atau Mac OS X. Jadi, ketika mengembangkan program tersebut terpaksa saya uji di ketiga sistem operasi tersebut. Maka inilah foto ketika melakukan pemrograman tersebut.

IMG_9944 coding

Ada 1 komputer desktop (menggunakan Linux Mint) dan 3 notebook yang masing-masing menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu, Mac OS X, dan Microsoft Windows 10. Pemrograman dilakukan dengan menggunakan bahasa Python. Tidak menggunakan framework atau IDE tertentu. Semuanya dikerjakan dengan menggunakan editor “vi” saja. ha ha ha.

Hasil dari satu hari di rumah itu ternyata cukup produktif. Program beres. Tinggal merapikannya saja.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

12 responses to “Kembali Ke Mode Koding

Tinggalkan Balasan

