Mengukur Kekuatan Diri

Saya percaya bahwa setiap orang memiliki kelebihan (kekuatan) dan kelemahan sendiri-sendiri. Berbeda. Itulah sebabnya kita akan sulit meniru orang lain. Kita harus menjadi diri kita sendiri.

Sebagai contoh, saya tahu ada orang yang jam tidurnya sangat sedikit. Mungkin 3 atau 4 jam sehari? Atau mungkin itu yang terlihat oleh saya ya? Sebetulnya boleh jadi dia juga tidur 6 sampai 8 jam sehari. Ah, tidak. Dia jarang tidur kok. Kalau saya tiru, bisa terkaparlah saya.

Sementara itu saya juga punya pola tidur (dan pola bekerja) yang berbeda juga. Yang ini kalau ditiru orang lain juga bisa jadi terkapar. he he he.

Contoh. Entah kenapa, biasanya saya ngeblog menjelang tengah malam. Seperti saat tulisan ini dibuat. Mungkin itu waktu saya kreatif? Atau mungkin juga karena sempatnya jam segitu. Sementara orang lain sudah terlelap dengan tidurnya. Kalau dibangunin untuk ngeblog, bisa-bisa kita dilempar sandal. he he he.

Dalam pola bekerja, saya seorang hyper-multi-tasker. Sementara itu saya sadar ada banyak orang yang single tasker. Atau ada yang mampu mengerjakan beberapa pekerjaan pada satu saat tetapi masih dalam skala dua atau tiga. Tidak apa-apa. Itu normal untuk mereka. Kalau coba-coba hyper-multi-tasking, bakalan bubar semua pekerjaan.

IMG_0003 coffee latte
[coffee latte menemani kerja]

Kembali ke poin saya, bahwa setiap orang harus mengukur kekuatan dirinya. Kemudian mengatakan TIDAK untuk hal-hal yang di luar kemampuannya. Ingat bahwa mengatakan TIDAK itu ternyata tidak mudah.

(Soal untuk belajar agar dapat lebih multi-tasking lain kali ya.)

Kenali diri Anda.

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

10 responses to “Mengukur Kekuatan Diri

Tinggalkan Balasan

