Tag

,

Pasca aksi terorisme kemarin muncul analisis aneh-aneh dan lucu-lucu dari orang-orang yang merasa dirinya pengamat. Seperti ini adalah pengalihan isyu atau direncanakan oleh pihak pemerintah. Yang seperti ini apakah sebaiknya dibiarkan saja atau diberi pencerahan? Kalau dibiarkan saja nanti banyak orang yang terpengaruh oleh analisis yang menjerumuskan tersebut. Kalau diajari, capek juga. Pasalnya umumnya para “pengamat” ini memang tidak ingin diajari dan justru memanfaatkan situasi dan keluguan masyarakat untuk kepentingan dirinya (dalam bentuk popularitas). Bagaimana menurut Anda?

Serahkan analisis kepada pakarnya, bukan kepada pengamat jadi-jadian. Para pakar sesungguhnya sudah menekuni ilmunya bertahun-tahun dan sungguh-sungguh. Bukan hanya anak kemarin sore. Dan perlu kita sadari juga ada banyak hal yang tidak dapat diungkapkan kepada publik. Belum waktunya.

Oh ya, sayapun bukan pengamat. Saya hanya obyek penderita saja. Yang ini betulan, bukan jadi-jadian. (Kendaraan saya diparkir di area kejadian ugh. Saya terpaksa tidak bisa pulang ke Bandung hari itu juga.)