Tag

, , , , ,

Presentasi saya minggu lalu, hari Kamis malam lalu, di Tokopedia adalah tentang hacking. Judulnya adalah “Hacking: having fun with sh, perl, and python scripts”. Acara ini merupakan acara Tech-a-break dari Tokopedia. Kali ini juga digabungkan dengan Tech in Asia Indonesia DevTalk. (Beberapa foto yang diambil oleh Tokopedia dapat dilihat di sini. Nantinya juga mungkin tersedia di Tech in Asia.)

Hacking yang saya maksud dalam presentasi ini adalah bukan merusak sebagaimana yang dikenali oleh banyak orang. Kalau itu namanya cracking, bukan hacking. Hacking di sini adalah ngoprek (tinkering).

Saya bercerita mengenai pengalaman saya dalam ngoprek. Kebetulan hobby saya adalah coding. he he he. Memang aneh. Jangan ditanya. Kemudian saya tunjukkan beberapa contoh. Untuk shell script, saya ambil contoh membuat static web preprocessor. (Web saya yang di budi.rahardjo.id dibuat dengan cara ini.) Untuk perl script, saya contohkan topic generator. Untuk python script, saya contohkan client-server application untuk hologram server. (Sayangnya waktunya tidak sempat untuk saya demokan semua. Sudah terlalu larut malam. Mestinya 2 jam sendiri ya? ha ha ha.)

Materi presentasi saya ada di Scribd. Ini dia.

Saya adalah old timer coder (artinya sudah tua – ha ha ha) dan saya berharap ada banyak anak-anak muda lagi yang menyukai coding. Semoga ini bermanfaat.