Tag

, ,

Selera musik itu sangat persona. Setiap orang berlainan dan sulit untuk dibanding-bandingkan.

Untuk melakukan tracking selera musik, saya menggunakan last.fm. Ketika saya nyetel musik di komputer saya, dia akan mengirimkan datanya untuk distatistikkan. Memang ini tidak mencakup lagu-lagu yang saya dengarkan di mobil, misalnya. (Kecuali kalau nanti stereo di mobil saya sudah nyambung ke internet. he he he. Tak lama lagi?)

Berikut ini adalah top 10 artis / band yang saya dengarkan hasil dari pemantauan Last.fm.

BR top10 lastfm

Hal yang menarik dari statistik ini adalah ternyata memang saya penggemar band Genesis. Perlu diingat bahwa lagu-lagu band Genesis itu banyak yang panjang-panjang (lebih dari 10 menit) tetapi masih saya dengarkan juga. Jadi sesungguhnya kalau dilihat dari waktu (menitnya) mungkin bisa lebih njomplang lagi.

Dan tentu saja The Beatles. Ini juga masalah madzhab. Bagi banyak orang, kalau tidak kenal the Beatles berarti tidak kenal musik pop. hi hi hi. Lucunya, banyak anak muda sekarang yang sok jago soal musik tapi *tidak kenal* the Beatles. hwarakadah. Diragukan ke-jagoannya.

Di dalam daftar itu ada dua artis/band Indonesia, yaitu Ada Band dan Chrisye. Iya, ada masanya saya sangat menggemari Ada Band sampai saya membuatkan halaman web fan page. ha ha ha. Sekarang apa kabarnya Ada Band ya?