Tag

, ,

Belakangan ini saya melihat banyak anak muda yang belum mengetahui kemampuan dirinya kemudian melakukan hal-hal di luar kemampuannya. Akibatnya fatal. Yang saya maksudkan di sini adalah kemampuan mengatur waktu dan memahami kemampuan dari badannya. Ada yang mencoba bekerja terlalu keras, misalnya begadang beberapa hari terus menerus. Ya akibatnya sudah dapat diprediksi.

Setiap orang memiliki kemampuan diri yang berbeda. Perjalanan hidupnya menentukan itu. Ada orang yang sanggup begadang. Ada orang yang memang siang dan malamnya kebalik. Ada yang cukup dengan tidur 3 jam sehari (memang ini tidak normal). Ada yang membutuhkan 7 jam – dan terusan. Ada yang bisa tidur 1 jam, bangun, kemudian tidur lagi, bangun lagi, tidur lagi – artinya tidak harus berurutan 7 jam tidurnya. Dan seterusnya. Kita perlu sadar bahwa kita ini berbeda. Secara umum kita ini sama, tetapi lebih dalam lagi kita ini berbeda.

Contoh yang riil. Entah kenapa, saya lebih mudah menuliskan blog ketika tengah malam. Tulisan ini diketik pukul 00:49 pagi. Ini salah satu contoh pola yang tidak lazim. Awalnya pun saya agak heran, tetapi lama kelamaan saya tahu kebiasaan saya. Embrace it.

Kebiasaan, seperti namanya, terjadi karena pengulangan. Jadi sebetulnya kita mungkin dapat mengubah kebiasaan ini. Namun yang perlu diingat adalah dia membutuhkan waktu dan upaya untuk mengubahnya. Dia tidak bisa terjadi begitu saja (tanpa usaha) dan instan.

Sudahkah Anda memahami kemampuan (dan batasan) diri Anda?