Aspek Kejutan Dalam Presentasi

Setiap sebelum memberikan presentasi, selalu saya diminta untuk memberikan materi presentasi. Bagi saya sebetulnya ini tidak masalah karena umumnya materi presentasi ini saya upload ke web saya (budi.rahardjo.id). Jadi saya tidak punya masalah berbagi materi. Yang saya punya masalah adalah membagikan meteri sebelum presentasi.

Membagikan materi sebelum presentasi mengurangi aspek kejutan (surprised) dalam presentasi. Ada hal yang lucu dan penting menjadi garing dan basi jika pendengar sudah melihat (membaca) materi presentasinya.

Jadi solusinya bagaimana? Solusinya adalah saya membuat dua versi presentasi. Versi singkat yang saya berikan ke panitia dan versi yang akan dipresentasikan (yang berisi kejutan-kejutan). he he he.

Semoga terkejut …

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

3 responses to “Aspek Kejutan Dalam Presentasi

  • Joko ts

    Benar pak budi, presentasi jd garing. Kalo sy mesti pakai flashdisk dan sesaat sebelum mulai presentasi sy berikan ke panitia, mslh mnt kita beri versi cetak utk difoto copy yg materinya biasa2 sj. Begitu presentasi dimulai, isinya lgsg mak jeddeeerrr, hehehe…

  • Hotel Murah di Bogor

    pak bud, kesulitan saya saat memberikan presentsi saat materinya monoton sehingga peserta seminar / audieuns merasa jenuh

  • Menjadi Sehat

    Tepat sekali Pak, intinya versi lengkap harus ada di otak kita sehingga unsur “kejutan” tetap ada meskipun kita sudah membagikan kopian materi sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

