Negeri Yang Tidak Ramah Inovasi

Di Indonesia ini ada inovasi sedikit saja, malah diganjel. Bukan didukung. Penelitian dicela. Pas penelitiannya mau dibawa ke luar negeri, baru panik. Penelitian harus berhasil, karena kalau gagal bisa masuk bui. Inovasi aplikasi, mau diblokir.

Mungkin sebaiknya anak-anak muda Indonesia yang ingin memulai usaha (sebagai entrepreneur) atau menjadi inovator berada di luar negeri saja? Kemudian setelah di luar negeri, menggunakan Indonesia sebagai pasar. Negara rugi berkali-kali lipat. SDM di luar negeri, pajak gak dapat, nama gak dapat, hanya jadi pasar saja.

Mau menulis seperti ini saja kayaknya bagusnya dilakukan di luar negeri dengan menggunakan fasilitas dari luar negeri saja ya. Sekalian.

Iklan

13 pemikiran pada “Negeri Yang Tidak Ramah Inovasi

  1. Ya benar sekali, maklum banyak yang miskin ilmu tapi pengin dihormati serta dapat duit dengan cara duduk-duduk dan ngobrol santai, kerjaannya selalu bikin masalah yang diada-adakan buat menghambat kemajuan orang lain. Jaman sudah berubah, mental masih jaman penjajahan kompeni. Dulu dijajah bangsa lain, sekarang sama bangsa sendiri, 😥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s