Klakson

Sebetulnya saya termasuk yang tidak suka menggunakan klakson. Berisik. Polusi suara. Mungkin ini kebiasaan yang saya bawa dari dulu dan dari luar negeri. Dan sebetulnya bisa sih mengendarai tanpa menggunakan klakson.

Akhir-akhir ini saya jadi lebih sering menggunakan klakson. Pasalnya, banyak pengemudi – yang umumnya adalah pengendara motor – yang tidak melihat ke kiri, kanan, belakang. Mereka pandangannya lurus ke depan tetapi cara mengendarainya meliuk-liuk. Berbahaya sekali. Begitu saya klakson, baru mereka melihat ke belakang (karena spionnya pun seringkali tidak di arahkan ke belakang – mungkin untuk melihat dirinya sendiri? Ngaca? hi hi hi.) Jadi saya membunyikan klakson karena terpaksa. Sedihnya sekarang lebih banyak terpaksanya daripada tidak terpaksanya.

Saya masih berusaha untuk menahan diri agar tidak membunyikan klakson. Tapi, bagaimana ya mengajari pengemudi agar lebih sering-sering lihat kanan, kiri, dan belakang?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

8 responses to “Klakson

  • ardiands

    Klakson memang penting si gan. tapi terkadang juga bisa ngagetin pengendar yang ada di depannya. apalagi klakson yang dah modif..

    salam
    Ardiands.blogs

  • seovenia

    itu pengemudi semprull kang.. biasanya wong ndeso baru masuk ibu kota.. hehe.. tapi kita mau nyalahin ya tidak bisa karena pada umunya dijalanan mah yang ada sok bener semua kang..

  • dedy

    saya juga jarang menggunakan klakson Pak🙂

  • Ariesusduabelas

    Itu buat pengendara motor ya, Pak. Wah, kebetulan saya juga pengendara motor, dan kelakuan saya juga seperti itu, tidak melihat belakang. Tapi, itu hanya saat tertentu, telat kuliah misalnya.

  • masbadar

    Mereka yg tidak paham aturan memang harus diklakson pak, mohon tidak lelah mengklakson mereka.

  • herlambang

    Maklum Pa Budi, namanya juga hidup di negara berkembang, masyarakatnya perlu waktu untuk berproses jadi yang lebih baik, harus banyak bersabar sampai melewati batasnya, heu heu..

  • widana

    itulah di negri ini pengedara sepeda motor yang dapat prioritas..www.baliijenbromotour.com/www.komodosailingtour.com

  • TUKANGCOLONG

    saya juga ga pake klakson pak.. kalo mau memperingati orang teriak soalnya. hahahaha

    saya sering lihat pengendara motor kaca spionnya diarahkan ke atas. itu buat liat burung kali ya pak biar ga pake mendongak ke atas..😀

Tinggalkan Balasan

