Melawan Arus Balik Mudik

Ini masih cerita melawan arus mudik lagi. Eh, arus balik mudik tepatnya. Bukannya mau mengejek orang yang terjebak arus mudik lho. Hi hi hi. Ini sekedar cerita saya.

Tadi pagi kami ke Jakarta lagi. Mengingat kemarin-kemarin melihat arus balik ke Jakarta yang luar biasa padatnya, maka kami berangkat dari rumah pukul 3 pagi. Pertama-tama dari Bandung sih lancar-lancar meskipun saya melihat mulai banyak kendaraan. Akhirnya memang kena macet juga di sekitar Km. 50-an (mungkin Km 52?) sampai Km. 42. Lumayan juga 10 Km macetnya. Yang saya khawatirkan adalah lewat waktu shalat Subuh. Alhamdulillah bisa shalat Subuh di Km. 42 sebelum pukul 5 pagi.

Lepas shalat Subuh, keluar dari Km. 42 jalan lancar. Lah, kemana tadi mobil-mobil yang bikin macet? Mungkin kepadatan tadi terjadi karena dekat dengan rest area. Atau mungkin juga orang banyak yang mau shalat Subuh juga. Entahlah.

Hari ini saya pulang ke Bandung juga. Mulai jalan dari Jakarta sekitar pukul 8 malam. Lumayan lancar jalan tol dalam kota. Agak sedikit tersendat pas dekat Halim, tetapi secara keseluruhan lancar.

Yang mengerikan adalah arah menuju kota Jakarta. Kepadatan terjadi di pintu tol Cikarang (Km. 29?) Nampaknya proses pembayaran di pintu tol itu harus dipercepat. Kemudian ada sedikit kekosongan sebelum padat lagi di sekitar Km. 42. Yang ini padatnya entah sampai mana karena saya keluar di Km. 65 (belok ke tol Cipularang) masih terlihat antrian kendaraan di sisi kanan. Berarti banyak yang datang dari arah Timur (Jawa).

Saya pikir itu saja sumber kemacetan. Eh, di jalan Cipularang pun arah ke Jakarta juga padat sampai sekitar Km. 72. Hadoh.

Dalam kepala saya, pantesan saja Jakarta macet. Lha wong segitu banyak kendaraan yang menuju Jakarta. (Saya melihat sendiri dari Jum’at lalu – yang saya ceritakan di tulisan sebelumnya.) Ampun deh.

Ngaso …

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

10 responses to “Melawan Arus Balik Mudik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: