Mengkhayal (Lagi)

Semalam saya pergi ke acara nonton bersama (nobar) di BEC. Film yang kami tonton adalah Suicide Squad. Yang menarik bukan filmnya, tetapi acara setelah film itu.

13908842_10153760845506526_9001600824113110505_o

Setelah nonton selesai, ada acara talk show tentang “Sci-Fi” (science fiction) yang sebetulnya adalah semacam pendahuluan untuk acara “makersthon” (semacam hackathon tetapi di sisi hardware / electronics). Pada acara ini kami ingin menggabungkan orang-orang yang punya khayalan dan orang-orang yang mungkin bisa mengimplementasikannya (orang-orang hardware & software). Seringkali kedua keahlian ini tidak dimiliki oleh satu orang yang sama. Maka mereka perlu dipertemukan.

Banyak pengarang (story tellers) yang bercerita tentang dunia di masa yang akan datang dalam buku dan film. Contoh-contohnya antara lain Star Trek, film Back to the Future, 2001: a Space Odyssey dan masih banyak lainnya. Pada jaman ketika cerita ini dibuat, ada banyak impian produk dan teknologi yang belum ada. Masih berbentuk khayalan. Nah, para makers of the world lah yang bertugas untuk mengimplementasikah itu semua.

Sayangnya saya menduga tidak banyak orang Indonesia yang mampu untuk sekedar berkhayal. Kebanyakan yang dipikirkannya masih jarak dekat (atau bahkan sudah diimplementasikan di tempat lain – ini tandanya kurang baca, hi hi hi). Atau mungkin saya tahu karena saya banyak jalan-jalan dan banyak membaca? Padahal hebatnya mengkhayal adalah tidak ada batas untuk imaginasi. Gratis lagi.

Kalau mengkhayal saja sudah susah, apalagi mengimplementasikannya ya?

About Budi Rahardjo

Teknologi informasi, security, musik, buku Lihat semua pos milik Budi Rahardjo

8 responses to “Mengkhayal (Lagi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: