Jangan Ingin Terkenal

Banyak orang yang melakukan sesuatu – apa saja, sekolah, kerja, bahkan menulis di blog – karena ingin terkenal. Tadi saya menemukan gambar ini di internet.

12672161_10156635370855411_1312928337569313377_o

Wah. Pas banget.

Kita melakukan sesuatu bukan karena ingin mendapat pujian. (Dalam bahasa Sunda, “pupujieun“.) Kita melakukannya karena memang ingin melakukannya. Seperti ilustrasi gambar di atas, kita ingin mendaki puncak gunung karena ingin meliha dunia. Bukan karena ingin dilihat oleh orang lain.

Itulah sebabnya saya sering menasihati anak-anak muda yang baru menjadi terkenal (mungkin karena karyanya atau presentasinya) untuk jangan sering-sering muncul di media. hi hi hi. Itu bakal menjadi distraction. Pengalih fokus kita. Akhirnya malah jadi sibuk dengan pencitraan.

Oh ya, banyak orang yang mengira saya menulis blog ini agar jadi terkenal. Salah. Sombongnya sih … saya sudah terkenal dulu, baru nulis blog. Ha ha ha. Anywaaayyy … Mari kita kembali ke topik.

Iklan

15 pemikiran pada “Jangan Ingin Terkenal

  1. Betul juga, malah jadi pengalih fokus dan jadinya pencitraan.
    Saya sendiri, melakukan sesuatu untuk memuaskan diri saya sendiri (atau kadang, memuaskan orang-orang di sekitar saya). Nggak mau terkenal, karena orang terkenal harus sering nraktir temen. Hahaha

  2. Betul pisan Pak Budi, godaan anak muda ini terkenal. Masalah pas nulis di blog juga demikian, pengen tulisan di view sekian orang, pengen banyak orang mampir di blog kita, dst. Bagi saya pujian itu g riil, yg riil itu jika kerjaan kita kelar, hahaha

  3. Ping-balik: Mari Berbuat – RTFM
  4. He3.. saya nulis di blog tapi g terkenal juga.
    Tapi bagi saya yang penting menulis. Mau terkenal mau tidak bukan tujuan saya ๐Ÿ™‚

  5. Setuju banget Pak Budi. Popularitas terkadang malah mengaburkan esensi yang sesungguhnya. Dan saya sangat setuju jika Bapak memang sudah terkenal bahkan sebelum ngblog. Lha wong emang dosen gaul dan favorit. :mrgreen:

  6. Setuju banget pak ๐Ÿ™‚
    Sing penting, passion kata orang sekarang. Saya suka menulis dan merasa ada yang kurang kalau tidak menulis tapi beberapa orang malah yang sering ngomporin bertanya” kapan saya terkenal?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s