Bagaimana ya cara mengajarkan “debugging” (mencari sumber masalah dalam koding, sistem)?
Seringkali kita memberikan tutorial atau tugas tentang satu hal (kode pemrograman misalnya). Kemudian siswa mengikuti tutorial tersebut. Ketika ada masalah, tidak jalan, maka siswa kesulitan mencari sumber masalahnya. Ketika melapor, yang dilaporkan juga tugas tidak jalan. Nah ini membingungkan karena ada banyak hal yang membuat sebuah kode / sistem tidak jalan.
Hal yang sama juga terjadi dalam pengembangan sebuah sistem. Ketika ada masalah maka kita harus mencari sumber masalahnya dan memperbaikinya. Debugging.
Kemampuan debugging ini ternyata tidak dimiliki oleh semua orang. Namun semestinya bisa diajarkan. Bagaimana ya cara mengajarkannya yang baik?
Salah satu ide adalah dengan membuat soal yang memiliki kesalahan, kemudian siswa diminta untuk mencari kesalahan tersebut dan memperbaikinya. Semakin sering melakukan hal ini (mencari kesalahan dan memperbaikinya), mudah-mudahan meningkatkan kemampuan untuk debuggingnya.
Hal lain juga yang perlu diajarkan adalah bagaimana membagi-bagi sistem. Divide and conqueror. Ini bisa jadi topik terpisah.
Ada flow-chart dari professor saya di sini Pak: http://uaf46365.ddns.uark.edu/dm/debugging.svg
Ada juga di sini dalam bentuk menu:
http://uaf46365.ddns.uark.edu/paradigms/automated_professor/
Semakin sering melakukannya (mencari kesalahan dan memperbaikinya), saya yakin kemampuan akan meningkatkan 🙂
Ini yg kebingungan ini anak ITB ? Beneran ?
Bukan hanya anak ITB doang yang bingung,saya sendiri juga bingung Bos!