Sesuai Pengalaman Hidup

Cara berpikir dan bertindak seseorang itu sesuai dengan standar yang dibentuk melalui perjalanan hidupnya. Sebagai contoh, seorang yang selalu berpikiran negatif itu boleh jadi dalam perjalanan hidupnya selalu dinilai negatif sehingga dalam kacamatanya semua pasti negatif. Sementara seseorang yang senang berbagi (memberi) itu mungkin dalam perjalanan hidupnya mengalami banyak kejadian yang menyenangkan ketika berbagi sehingga dalam standarnya, semua orang itu ya berbagi.

Sangat disayangkan adalah orang yang belum pernah melihat dan mengalami kebaikan, kesabaran, dan hal-hal yang positif lainnya. Dia belum pernah merasakan kenikmatan aksi positif. Mungkin perlu piknik?

Memang pengalaman hidup ini membentuk karakter seseorang. Nah, kita masih dapat membuat pengalaman-pengalaman hidup selanjutnya. Masih mau cari yang negatif? Atau mau mencoba yang positif? Pilihan ada pada kita. Makanya kita cari lingkungan yang membuat kita jadi positif. Eh, itu dengan asumsi kita ingin yang positif lho. (Agak aneh saja kalau ada orang yang ingin negatif melulu. heu heu heu.)

Iklan

14 pemikiran pada “Sesuai Pengalaman Hidup

  1. Membaca berita akhir2 ini kasus padepokan Gatot Brajamusti dan padepokan Kanjeng Dimas Taat Pribadi maka sy tiap dengar kata padepokan selalu berpikir negatif, jgn2 isinya sama. Mudah2an Padepokan Budi Raharjo selalu bermuatan positif.

  2. Menginspirasi, as always, Pak Budi.
    Tulisan yg sangat singkat tapi sangat mengena ke hati saya.
    Jadi teringat sama kutipan dari film Rudy Habibie
    “Jadilah seperti mata air, bila dirimu air yang jernih, maka sekitarmu akan bersih. Tapi bila dirimu kotor, sekitarmu juga ikut kotor”.

  3. pengalaman hidup saya tinggal di s*l*t*g*:
    hidup ini sarat dengan kompetisi

    Dalam beragama contohnya, non muslim berusaha agar muslim meninggalkan agamanya dan memeluk agama non muslim. ada misionaris (bahkan orang bule) dan sebagainya. mereka aktif memberi bantuan dengan pamrih. ada yang memberi pekerjaan dengan syarat harus pindah agama. ada yang menyekolahkan anak2 miskin dengan tujuan agar pindah agama. dan sebagainya. sementara muslim? ada yang berusaha mengajak orang non muslim agar memeluk islam, tapi sedikit saja. hahaha

    pilihan: berpengaruh atau dipengaruhi (menjadi penonton saja juga bisa sih)

  4. Tidak ada untungnya juga berperilaku kasar,toh nggak akan ada yang bilang hebat,jagoan dll. Bersikap ramah dan lemah lembut tidak akan membuat kita tidak di hargai oleh orang lain,bahkan orang akan segan dan semakin menghormati kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s