Neovim: editor “baru”

Tahun 80-an saya harus bekerja mengelola sistem yang berbasis Unix, lebih tepatnya SunOS. Mulailah saya harus belajar menggunakan editor teks yang bernama “vi”. Sebetulnya selain editor vi itu ada editor lain yang berbasis GUI, tetapi masalahnya editor ini hanya ada di sistem SunOS. Sementara itu saya harus mengelola sistem lain yang menggunakan sistem operasi lain (seperti HP-UX, AIX, DOS, dan seterusnya). Akhirnya saya putuskan untuk menguasai editor vi. Sampai sekarang saya masih menggunakan editor vi sebagai editor utama saya.

Pemilihan editor vi pada masa itu adalah karena di semua sistem operasi (kecuali di Mainframe) ada editor itu. Bahkan untuk sistem operasi DOS pun ada variasi dari vi. Ketika kita menguasai vi maka kita dapat hidup di lingkungan apa saja.

Berbicara tentang variasi vi, ada beberapa variasi. Yang paling terkenal adalah vim. Maka, sekarang orang-orang kenalnya adalah vim.

Baru-baru ini saya menemukan editor “Neovim”, yaitu versi terbaru dari implementasi vim. (Ada banyak hal yang diperbaharui pada editor ini.) Saya pasang di komputer Linux dan Mac OS X saya. Ngoprek deh. Mengaktifkan syntax highlight dulu ah.

Hal yang pertama saya tambahkan adalah “package manager” untuk menambahkan plugin di neovim itu. Ada banyak package manager. Yang saya gunakan saat ini adalah vim-plug. Dengan vim-plug ini saya kemudian memasang color scheme Oceanic-Next yang mirip dengan warna yang ada di editor Sublime. Hasilnya seperti ini.

neovim

(Cara memasang vim-plug dan Oceanic-Next theme itu yang akan saya tuliskan di lain kesempatan. Instruksi yang ada agak berbeda.)

Ngoprek ah …

3 pemikiran pada “Neovim: editor “baru”

Tinggalkan Balasan

