(PGP) Key-Signing Party

Salah satu aktivitas dalam rangka menjalankan sistem teknologi informasi yang aman (secure IT operation) adalah proses pertukaran kunci publik. Sistem kunci publik yang digunakan biasanya berbasis kepada PGP (Pretty Good Privacy) atau Gnu Privacy Guard (GPG). Maka di kelas saya, dilakukan key-signing party.

P_20170214_134309-01 keysigning

Para mahasiswa diminta membuat kunci publiknya, mengunggah kuncinya ke sebuah keyserver, dan kemudian menunjukkan identitasnya (KTP, kartu mahasiswa). Saya unduh kunci mereka dan saya tandatangani (signed) kunci mereka itu setelah melihat dan memastikan bahwa identitas mereka itu benar. Inilah kegiatan key-signing party yang sesungguhnya.

P_20170214_134545_BF keysigning

Di atas beberapa foto proses tersebut. Seru. Untuk memproses seluruh kunci di kelas ini dibutuhkan lebih dari 1 jam.

2 pemikiran pada “(PGP) Key-Signing Party

  1. saya ingin kapan-kapan dapat materi perkuliahan ini dr Bp. Rahardjo, meski latar pendidikan saya berbeda tetapi pengusaan secucity system sangat penting dikuasai oleh setiap orang karena sangat berkaitan dengan kepentingan privasi.

Tinggalkan Balasan

