Tips Interview Pekerjaan

Salah satu pekerjaan yang kami lakukan adalah membantu perusahaan dalam proses rekrutmen pegawai. Untuk itu kami sering melakukan wawancara (interview) sebagai bagian dari proses seleksi. Ada beberapa hal yang penting untuk dipahami tetapi banyak (selalu?) gagal dilakukan oleh peserta interview.

Pahami Calon Tempat Bekerja. Banyak peserta interview yang tidak mengetahui tempat yang dia lamar. Sebagai contoh, kalau dia melamar ke sebuah perusahaan, ya ketahuilah nama direktur utamanya. Obos. he he he. Kalau melamar ke instansi pemerintahan, pahami siapa pimpinannya saat ini. Cek situs web-nya. Cari tahu berita terkini terkait tempat bekerja itu. Kebanyakan ketika ditanya tidak tahu sama sekali. Walah.

Bawa Portfolio. Kebanyakan peserta interview mengatakan pernah ini dan itu, atau bisa ini dan itu, tanpa menunjukkan bukti. Sebagai contoh, kalau pernah (bisa) membuat desain web ya tunjukkan desainnya. (Bisa dalam bentuk tercetak atau online.) Kalau Anda pernah membuat karya-karya dengan menggunakan aplikasi grafis tertentu (misal Photoshop, Corel, dan seterusnya), bawalah hasilnya. Bahkan, kalau Anda pernah membuat dokumentasi (laporan, tulisan, puisi, dan seterusnya) tunjukkanlah. Tanpa bukti, akan sulit bagi kami untuk menilai kemampuan Anda.

Seringkali kami meminta peserta untuk melakukan sesuatu (misal menggunakan aplikasi wordprocessor) tetapi mereka tidak mampu melakukannya. Mungkin ini disebabkan karena mereka tegang. Oleh sebab itu, lebih baik membawa portfolio yang sudah jadi saja.

Apa lagi ya? Masih ada yang lainnya, tetapi dua hal di atas merupakan hal yang paling sering kami temui di lapangan. Jadi, perhatikan hal tersebut ketika Anda akan melakukan interview untuk sebuah pekerjaan.

Iklan

6 pemikiran pada “Tips Interview Pekerjaan

  1. 11 atau 12 tahun lalu saya termasuk salah satu yang di-interview oleh pak Budi dan tim. Tapi sekarang udah lupa dulu ditanya apa aja.. Untung dulu lulus 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s