Bandung Itu Jauh

Ini adalah keluh-kesah kesekian kalinya tentang Bandung. Curcol. Biarlah diulang lagi. Namanya juga ngeblog.

Untuk berbagai alasan, saya memilih untuk tinggal di Bandung. Sebetulnya alasan singkatnya sih karena saya suka Bandung. Itu saja. Mungkin juga karena saya sudah terlalu lama tinggal di Bandung sehingga susah lepas dari Bandung, meskipun saya sempat tinggal hampir 11 tahun di Kanada. Singkatnya, salah saya sendiri memilih Bandung.

Ada banyak acara yang lokasinya di luar Bandung. Kebanyakan acara-acara yang terkait dengan saya itu adanya di Jakarta. Ternyata jarak Bandung-Jakarta itu masih “jauh”. Dahulu Bandung-Jakarta itu 2 jam. Kemudian banyak kendaraan, jadinya lebih lama lagi. Kemudian ada jalan tol, 2 jam lagi. Eh, nambah kendaraan jadi lebih lama lagi. Bahkan akhir-akhir ini karena sedang ada pembangunan, maka Bandung-Jakarta (atau sebaliknya) bisa sampai 5 jam! Naik kereta api juga sekarang 3 jam.

Bayangkan, jika ada pertemuaan yang lamanya hanya 1 jam tetapi tempatnya di Jakarta maka untuk ke Jakarta dan kembali lagi setidaknya dibutuhkan waktu 5 jam (paling cepat – asumsi 2,5 jam satu arah). Naik kereta api, setidaknya 6 jam pp. Itu belum termasuk berhenti (ngaso dulu, makan dulu, shalat dulu) atau kalau naik kereta api nunggu dulu di stasiun. Sangat tidak masuk akal untuk 1 jam pertemuan saya harus menghabiskan waktu 6 – 9 jam untuk perjalanannya.

Itulah sebabnya – dengan berat hati (dan kadang disertai rasa malu) – saya sering tidak dapat menghadiri acara-acara di Jakarta. Alasannya sederhana: Bandung jauh dari mana-mana.

15 pemikiran pada “Bandung Itu Jauh

  1. Perlu transportasi cepat yg menjangkau rakyat banyak dari bandung ke jakarta. Kereta cepat, or perhaps Elon Musk’s Hyperloop.

  2. Kalau saya sih berusaha punya lebih dari satu agenda kegiatan kalau mau ke Jakarta, biar capek & waktunya worth it. Kalau ternyata sudah sampai di Jakarta ternyata hanya satu agenda yg bisa jalan, ya nasib. Makanya kalau cuma nungguin kawan yg rapat mah dijabanin aja ditungguin even after office hours πŸ™‚

  3. Masih mending pak, saya yang tinggalnya di Tenggarong, Kutai Kartanegara kalau ada acara di jakarta harus bangun jam 1 malam berangkat pakai travel ke balikpapan sekitar 4 jam terus lanjut naik pesawat 2 jam dan dari bandara ke tempat tujuan plus macet jadi 3 jam… lebih capek pak hehehe

  4. Diliat Dr peta juga aslinya Jauh..
    Macet g kelar2, proyek sepur kilat Jakarta Bandung jg rasanya belum memberi solusi kuat..

    Saatnya dunia menciptakan Pintu Kemana Saja

  5. Dan, Bandung sangat jauh kalau di temputh dari Aceh. Atau bapak yang mau ke Aceh dari Bandung. Seandainya acara pertemuan cuman satu jam. Bapak harus menghabiskan waktu 4 hari untuk naik bus, agar sampai πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

