Minta Materi Presentasi?

Salah satu pertanyaan yang paling sering saya terima adalah permintaan materi presentasi (slide) dari berbagai presentasi saya. Maklum, saya (terlalu) sering memberi presentasi.

Sebetulnya tanpa diminta juga biasanya slide presentasi saya bagikan di slideshare atau di web pribadi saya. Kalau belum ada di sana biasanya adalah karena belum sempat melakukan upload saja. (Atau ada bagian dari materi presentasi yang perlu dihapus dulu, karena terlalu sensitif atau mengandung rahasia, sehingga membutuhkan usaha dan waktu untuk melakukannya. Lebih lama lagi.) Saya senang berbagi.

Iseng saja. Untuk yang sering minta materi presentasi, seberapa sering sih ada memberi materi presentasi ke orang lain (ke saya, misalnya)? hi hi hi. Sekedar ngecek saja. Jangan hanya sering meminta tapi jarang – atau bahkan tidak pernah – memberi.

Jadi kapan mau memberi materi presentasi?

10 pemikiran pada “Minta Materi Presentasi?

  1. Pertanyaan seperti ini kebanyakan dilontarkan oleh merek yang memilih tidak mencatat ketika presentasi dilakukan, kadang juga karena pemateri atau yang menyajikan materi presentasi tidak memberi handout agar pendengar dapat membawa sesuatu ke rumah. Sulit ya jadi pemberi presentasi ? Lebih banyak di tuntut memberi dibandingkan mendapatkan kembli.

  2. Klo saya minta presentasi klo memang materinya menarik buat saya.
    1. Ide buat research lebih lanjut.
    2. Themenya bagus. wkwkwkw

Tinggalkan Balasan

