Merakit Kode Besar

Sudah lama saya tidak merakit (compile) kode yang cukup besar sehingga menghabiskan waktu yang cukup lama. Kemarin saya merakit kode Tensorflow dari source code karena paket yang sudah jadi tidak sempurna jalannya di notebook saya. Terpaksa harus merakit ulang.

Eh, ternyata proses kompilasi membutuhkan waktu yang lama. Setelah 3 jam tidak kunjung berhenti, akhirnya saya tinggal main futsal dahulu. Pulang main futsal baru selesai. Saya tidak tahu tepatnya kapan selesainya, tetapi berarti antara 3 sampai dengan 6 jam. Ajegilebusyet.

Terakhir saya melakukan proses kompilasi yang lama (seingat saya) adalah di awal tahun 90-an. Waktu itu saya merakit kernel Linux dari source code di komputer dengan prosesor 386SX berkecepatan 16 MHz. Memorinya waktu itu di bawa 2 MBytes. Jadul banget ya? Dibandingkan handphone saat ini, komputer saya waktu itu tidak ada apa-apanya.

Proses kompilasi kemarin dilakukan di notebook yang menggunakan prosesor i3 dengan memori hanya 2 GBytes. Notebooknya sampai tidak responsif saking kerja kerasnya dia. ha ha ha. Kasihan juga sih, tapi apa boleh buat. Itu yang saya miliki. Tidak boleh mengeluh. (Anak muda zaman now maunya harus menggunakan komputer yang high-end. Gak mau kerja kalau tidak menggunakan komputer yang bagus. hi3. Ini saya contohkan bahwa sayapun masih menggunakan komputer apa adanya.)

Alhamdulillah hasil perakitan berjalan. Coba kalau tidak jalan. Wah. Harus merakit jam-jaman lagi. Ugh. (Dahulu kalau salah konfigurasi, hasil perakitan kernel tidak jalan. Harus merakit ulang. Dapat dibayangkan kesabaran yang harus saya lalui.)

Selamat ngoprek.

8 pemikiran pada “Merakit Kode Besar

  1. Betul sekali pak, Kesabaran adalah kunci untuk belajar,
    dan pengalaman bapak, saya juga sedikit alami selama dengan perl. karena terkadang ada module perl berisi C source (Perl XS) yang harus diinstall atau terkadang module yang dibuat juga harus di install ke sistem, tidak hanya save file module, yang kadang harus berulang kali dilakukan šŸ™‚

  2. kalau pc yg high-end harganya pasti mahal biasanya beli di pameran indocomtech dan sejenisnya biar dapat promo dan zaman now itu kerja sama main udah ngak ada bedanya pak tapi kalo pcnya high-end bisa jadi saya yakin lebih banyak mainnya hi3x

  3. saya juga masih pakai laptop jadul pak šŸ˜¦ padahal saya generasi milenial. apa – apa jadi lambat. meski ga ngeluh karena terbiasa, tetep ngiri sama temen2 yang udah pada ngebut. #curcol

Tinggalkan Balasan

