Apakah Blockchain Menjadi Solusi?

Salah satu janji yang digadangkan oleh Blockchain – teknologi yang berada di belakang Bitcoin – adalah dapat membuat biaya transaksi menjadi sangat murah. Janji tinggal janji. Saat ini saya belum melihat ini terjadi. Kebanyakan orang masih fokus kepada aspek “oportunis” dari crypto currency ini.

Saya masih membutuhkan sebuah sistem pembayaran yang biayanya murah untuk toko musik digital saya. (Lihat: toko.insanmusic.com) Harga sebuah lagu adalah Rp. 5000,-. Sementara itu sistem pembayaran yang ada sekarang hampir semua meminta biaya (per) transaksi di atas Rp. 5000,-. (Bahkan ada yang meminta biaya transaksi Rp. 15.000,-!) Tekorlah saya kalau biaya transaksinya seperti itu. Seharusnya biaya transaksinya adalah Rp. 100,- gitu.

Kalau sampai akhir tahun ini (2017) tidak ada yang dapat memberikan solusi, tahun depan (2018) kayaknya saya harus membuat sebuah sistem pembayaran sendiri.

Iklan

10 pemikiran pada “Apakah Blockchain Menjadi Solusi?

  1. Pak Budi, kalau bapak mau membuat sistem pembayaran sendiri bagaimana membuat biaya per transaksi lebih murah ? Apakah bapak mau membangun block chain platform sendiri ?

    Bangun sistem pembayaran itu sangat challenging dari sisi infrastructure, security, regulasi, operation dsb. Itulah kenapa akhirnya cost-nya tinggi.

    Kalau bapak bisa membuat cost of transaction < 200 rupiah, saya akan invest di company bapak.

  2. Kemarin sempat ditawarin produk dari SprintAsia – BayarInd. Untuk biaya per transaksi Rp 1.000. Mungkin pak Budi punya pengalaman dengan produk ini?

  3. menurut saya sih. kalau bitcoin harganya naik sampe 11.000 usd. siapa yang mau jual beli pake bit coin? nanti pas dijual eh harganya besok naik. kan nyesek. bitcoin ya jadi pajangan aja sampe bubblenya meletus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s