Konsistensi (Dalam Berolahraga)

Topik yang ingin saya bahas kali ini adalah konsistensi dalam berolahraga. Sebetulnya masalah konsistensi ini tidak hanya terbatas kepada olah raga saja, tetapi untuk hal-hal lain. Sama sebetulnya. Tetapi agar dapat dipahami, saya ambil yang khas olah raga.

Salah satu tantangan terbesar dalam berolahraga adalah konsistensi. Yang saya maksudkan dengan konsistenasi adalah kegiatannya dilakukan secara rutin, terus menerus, berkala atau terjadwal. Selalu saja ada alasan untuk tidak melakukan olah raga, misalnya ketika hari hujan maka itu dapat dijadikan alasan untuk tidak olah raga (tidak pergi ke tempat olah raga). Wah hujan. Tidak sempat, merupakan alasan yang klasik juga. Sibuk nih. Padahal duduk-duduk ngopi bisa. he he he. Alasan yang sebetulnya banyak juga digunakan tetapi tidak mau diakui adalah … malas. ha ha ha.

Saya mengambil futsal sebagai kegiatan olah raga rutin saya. Seminggu dua kali. (Kadang tiga kali.) Ini sudah saya lakukan bertahun-tahun. (Mulai kapan ya? Lupa. Bisa dicek dari postingan di blog ini.) Maka saya dapat main futsal selama 2 jam. Ini bukan hal yang aneh jika kita sudah melakukannya secara rutin. Ada (banyak) orang yang futsal hanya sekali dua kali dalam setahun. Kadang orang yang sama ini merasa harus langsung bisa menjadi jagoan (atau memiliki stamina yang sama) dan kemudian memaksakan diri. Hadoh.

Seperti sudah saya singgung di awal tulisan, bahwa konsistensi ini juga dibutuhkan di bidang lain. Itu akan kita bahas di tulisan lainnya. Sementara ini, bagaimana olah raga Anda? Rutin? Berkala? Kala mau dan kala tidak mau. ha ha ha.

Iklan

13 pemikiran pada “Konsistensi (Dalam Berolahraga)

  1. saya usahakan dua hari dalam seminggu olahraga lari, pak. bila sudah satu minggu terlewat tanpa olahraga, saya akan jalan kaki pergi dan pulang kantor. hehe.

  2. saya (berusaha) rutin bersepeda minimal 30 menit setiap hari, berangkat bersepeda sebelum jam 05.00 wib. Tiap awal tahun bikin resolusi untuk mencapai jarak tempuh dgn bersepeda sejauh 3000 km (dalam setahun). Ini tahun ketiga… dan belum ada target yg tercapai…hehehe… tahun kemarin (2016) hanya mencapai jarak tempuh 2900 km… kurang dikit dari target. tahun ini kurangnya banyak… gak kehitung akurat krn speedometer sepeda error…

  3. ini nih yang susah… saya olahraga biasanya semangat cuman 1-2 minggu saja, sehabis itu mulai ada bolong-bolong dan ujung2nya balik ke posisi awal.. males-malesan terus cyclenya muter2 gitu2 aja hahaha

  4. kalau kurang olahraga nih, seperti saya ini. Aduh bener – bener deh ga fit sama sekali. Sekedar sharing aja, ini saya aja berusaha mati – matian sampai jam 5 pagi setiap hari. Lah terus mau olahraga kapan? yang ada modar..

  5. makanya paling bener itu olahraga simple aja macem streching atau ga yah minimal naik sepeda / berenang deh jadi fit terus badan dan terus bisa berkarya ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s